Home > Ragam Berita > Internasional > AS Kecam Kehadiran Presiden Sudan Di KTT OKI di Indonesia

AS Kecam Kehadiran Presiden Sudan Di KTT OKI di Indonesia

Jakarta – Kedatangan Presiden SUdan dalam KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Islam (OKI) yang dihelat di Jakarta mendapat kecaman dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake. Pasalnya, Presiden Sudan Omar al-Bashir saat ini berstatus sebagai buronan Pengadilan Hak Asasi Manusia Internasional (ICC) Den Haag, Belanda.

AS Kecam Kehadiran Presiden Sudan Di KTT OKI di Indonesia

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Selasa (8/3/2016), kecaman yang diungkap Dubes Blake terekam dalam pernyataan pers yang dilangsungkan Senin (7/3) kemarin.

“Amerika Serikat prihatin atas kedatangan Presiden Sudan Omar al-Bashir ke Indonesia dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Islam (KTT OKI),” ujar Blake.

Presiden Omar al-Bashir sendiri berstatus buronan karena dianggap melakukan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, serta kejahatan genosida.

“Meski AS bukanlah salah satu dari anggota Statuta Roma, yang notabene merupakan perjanjian membentuk ICC, kami tetap sangat mendukung upaya ICC untuk menangkap pihak yang bertanggung jawab atas kejahatan perang dan genosida di Darfur,” lanjut Blake.

Presiden Omar al-Bashir sendiri telah tiba di Jakarta pada Minggu (6/3) malam dan Presiden Joko Widodo menerima dengan tangan terbuka kedatangan Presiden Sudan tersebut. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Partai Komunis Cina Ancam Anggotanya Yang Nekat Memeluk Agama

Partai Komunis Cina Ancam Anggotanya Yang Nekat Memeluk Agama

Beijing – Partai Komunis Cina melarang para anggotanya untuk memeluk agama apapun. Apabila ketahuan memeluk ...