Home > Ragam Berita > Internasional > Nike Cabut Sponsorship dari Maria Sharapova karena Kasus Doping

Nike Cabut Sponsorship dari Maria Sharapova karena Kasus Doping

Los Angeles – Nike akhirnya memutus kontrak sebagai sponsor utama dari petenis Rusia, Maria Sharapova. Kontrak tersebut diputus lantaran petenis cantik itu kedapatam menggunakan doping.

Nike Cabut Sponsorship dari Maria Sharapova karena Kasus Doping

Setelah kalah dari Serena Williams, tes doping dilakukan sebelum pertandingan perempatfinal Australia Open. Nah, kala itu, Sharapova pun mengumumkan bahwa dirinya gagal lolos tes doping.

Sebagaiamana pantauan Harian Indo pada Selasa (8/3/2016), petenis 28 tahun itu terbukti positif mengonsumsi meldonium. Sharapova mengakui bahwa dirinya melakukan kesalahan karena tidak membaca informasi kalau senyawa tersebut telah dilarang.

WADA (Badan Anti Doping Dunia) dan ITF (Federasi Tenis Profesional) pun telah mengumumkan senyawa-senyawa yang termasuk dalam tes doping. Nah, pengumuman tersebut dilakukan pada 1 Januari 2016.

Masalah Sharapova tidak berhenti sampai diskorsnya dia mulai 12 Maret dan ancaman hukuman berat sampai empat tahun, sponsor utamanya Nike juga menyatakan menghentikan sementara kontraknya dengannya.

”Kami sedih dan terkejut dengan berita soal Sharapova. Kami memutuskan untuk menghentikan hubungan dengan Maria sementara investigasi terus dilakukan. Kami akan terus memantau situasinya,” demikian pernyataan Nike seperti dikutip dari media massa setempat.

Sementara itu, Sharapova kini masih terikat kontrak dengan Nike hingga 2018. Dia adalah atlet wanita dengan kontrak terbesar. Sebab, Nike adalah pemasukan sponsorship terbesar Sharapova. Nike mengemukakan tentang kesepakatan yang ditandatangani pada 2010 senilai USD 70 juta (sekitar Rp 902 miliar – berdasar kurs hari ini). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Demokrat Dukung Pemerintah Bantu Perjuangan Palestina

Demokrat Dukung Pemerintah Bantu Perjuangan Palestina

Jakarta – Hinca Pandjaitan selaku Sekretaris Jenderal Partai Demokrat kali ini ungkapkan ketegasannya bahwa Partai ...