Home > Ragam Berita > Nasional > Soeharto Menyebar Ketakutan Pada Warga Saat Gerhana Matahari Tahun 1983

Soeharto Menyebar Ketakutan Pada Warga Saat Gerhana Matahari Tahun 1983

Jakarta – Sejatinya fenomena alam gerhana matahari yang terjadi pada Rabu (9/3) pagi bukanlah yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. Pada tahun 1901 silam gerhana matahari sempat terjadi di wilayah Sumatera, kemudian di tahun 1962 sempat terlihat gerhana sebagian di Indonesia bagian timur, dan yang terakhir terjadi pada tahun 1983.

Soeharto Menyebar Ketakutan Pada Warga Saat Gerhana Matahari Tahun 1983

Berdasar penelusuran tim Harian Indo, Rabu (9/3/2016), ternyata di era pemerintahan Presiden Soeharto, fenomena alam gerhana matahari total menjadi hal yang sangat ditakuti. Karena kala itu pemerintah menyampaikan bahaya melihat gerhana matahari yang dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Alhasil, lebih banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk bersembunyi di dalam rumah karena tidak berani melihat gerhana matahari.

Bandingkan dengan saat ini, dimana fenomena gerhana matahari justru diburu setengah mati. Tak hanya diburu oleh masyarakat Indonesia, tak sedikit turis mancanegara yang rela berkunjung ke Indonesia untuk mengabadikan fenomena langka tersebut.


Baca juga:

Sampah Berhamburan Usai Pelaksanaan Shalat Gerhana Hari Ini Di Jakarta

Video, Langit Tiba-tiba Gelap, Takbir Menggema Di Jembatan Ampera Palembang

Beberapa wilayah yang dilewati gerhana matahari total bahkan membuat rangkaian acara meriah untuk menyambut gerhana matahari. Karena memang fenomena gerhana matahari total sangatlah langka, maka akan sangat disayangkan jika masyarakat Indonesia melewatkan momen ini begitu saja. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Sentil Komunitas Pecinta Pohon Saat Melihat Banyak Pohon Tumbang

Sandiaga Sentil Komunitas Pecinta Pohon Saat Melihat Banyak Pohon Tumbang

Jakarta – Ibu Kota DKI Jakarta diguyur hujan deras disertai angin kencang pada hari senin ...