Home > Ragam Berita > Nasional > Kotak Susu Bekas Dimanfaatkan Warga Pamekasan untuk Menikmati Gerhana Matahari

Kotak Susu Bekas Dimanfaatkan Warga Pamekasan untuk Menikmati Gerhana Matahari

Pamekasan – Beberapa warga di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, juga ikut mengamati fenomena gerhana matahari yang jatuh pada Rabu (9/3/2016) pagi tadi. Uniknya, warga Pamekasan menggunakan kotak susu bekas untuk mengamati fenomena alam yang disebut-sebut hanya terjadi sekali dalam 350 tahun.
Kotak Susu Bekas Dimanfaatkan Warga Pamekasan untuk Menikmati Gerhana Matahari
Warga-warga yang menggunakan kotak susu bekas itu terlihat berkumpul di Pantai Talang Siring, Kecamatan Larangan, Pamekasan. Kotak susu bekas tersebut dilubangi, lalu ditutup aluminium foil yang sudah dilubangi dengan jarum.

Sisi kotak susu lainnya diberi penutup dari kertas HVS. Kertas inilah yang akan menjadi semacam layar untuk mengamati fenomena gerhana matahari tersebut. Orang yang hendak melihat peristiwa luar angkasa itu bisa dengan aman melihat kertas HVS putih itu daripada langsung menatap ke atas langit yang tentunya sangat membahayakan mata.

Dari pengamatan Harian Indo, Rabu (9/3/2016), selain menggunakan kotak susu bekas yang telah dimodifikasi tersebut, ada pula pengunjung yang tidak mau ambil pusing. Mereka langsung melihat gerhana matahari menggunakan foto hasil rontgen yang tentunya sudah tidak terpakai lagi.

Di antara warga Pamekasan yang melakukan pengamatan dengan alat seadanya itu, tetap saja terlihat beberapa orang yang membawa peralatan cukup lengkap untuk melihat detik-detik pergerakan bulan yang menutupi matahari itu. Mereka tampak membawa kacamata anti-radiasi, teleskop, kamera, dan lainnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...