Home > Ragam Berita > Internasional > Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal dengan Alasan Uji Coba

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal dengan Alasan Uji Coba

Seoul – Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) meluncurkan dua rudal balistik jarak dekat ke Laut Timur. Hal tersebut diberitakan kantor berita Yonhap pada Kamis (10/3/2016).

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal dengan Alasan Uji Coba

Militer Korea Selatan, tetangga DPRK (Korea Utara), menjelaskan bahwa dua rudal tersebut diluncurkan pada pukul 05.20 dari Provinsi Hwanghae Utara. Rudal itu pun jatuh di perairan di timur-laut kota, Pelabuhan Wonsan, lepas pantai Laut Timur.

Korea Selatan pun selalu waspada dan mempersiapkan diri. Tujuannya, menghadapi provokasi DPRK. Sebelumnya, DPRK pernah menembakkan rudal beberapa hari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat memulai latihan militer bersama. Tindakan tersebut dinilai sebagai uji coba terselubung teknologi rudal balistik.

Pada 2016, DPRK menguji coba bom hidrogen pertamanya. Dewan Keamanan PBB pun bereaksi dengan mensahkan resolusi lengkap dan kuat pada 3 Maret. Isinya, sejumlah sanksi terhadap Negara Komunis itu untuk mengekang program rudal dan nuklir Pyongyang.

Tuntutan tersebut disampaikan agar DPRK tidak melanjutkan seluruh program senjata nuklir, senjata pemusnah massal, dan program rudal balistik. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hillary Nilai Pernyataan Keras Trump Terhdap Korut Sangat Merugikan

Hillary Nilai Pernyataan Keras Trump Terhdap Korut Sangat Merugikan

Washingaton – Hillary Clinton mengatakan komentar keras Presiden AS Donald Trump terhadap Korea Utara (Korut) ...