Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden Kunjungi Pembangunan Waduk Gondang di Jawa Tengah

Presiden Kunjungi Pembangunan Waduk Gondang di Jawa Tengah

Karanganyar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (11/3/2016). Pihaknya berharap kebutuhan air ribuan hektar lahan pertanian dapat terpenuhi.

Presiden Kunjungi Pembangunan Waduk Gondang di Jawa Tengah

”Akhir tahun depan, kami berharap nanti kerja pagi siang malam, tiga sif. Insya Allah ini selesai,” kata Jokowi kepada media.

Menurut Dia, air dari waduk dapat mencukupi kebutuhan 4.800 hektar lahan di Kabupaten Sragen dan Karanganyar. Lewat pembangunan waduk tersebut, pemerintah berharap produktivitas pertanian di Jawa Tengah dapat meningkat.

Menurut Jokowi, Indonesia akan membangun 28 waduk. Itu adalah upaya penunjang program ketananan pangan. ”Ada yang selesai 2 tahun, 2,5 tahun, dan 4 tahun. Bergantung besarnya waduk,” katanya

Sementara itu, Waduk Gondang menampung air Sungai Melikan di Desa Gempolan dan Ganten, Kecamatan Kerjo, serta Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso.

Berdasar data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, panjang Waduk Gondang mencapai 604 meter dengan tinggi 71 meter. Lebar puncak bendungan pun sekitar 10,5 meter. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

Yogyakarta – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif ternyata ...