Home > Ragam Berita > Nasional > Jusuf Kalla Wakili Presiden Jokowi untuk Hadir dalam KTT Keamanan Nuklir

Jusuf Kalla Wakili Presiden Jokowi untuk Hadir dalam KTT Keamanan Nuklir

Jakarta – KTT Keamanan Nuklir bakal diselenggarakan di di Washington DC, Amerika Serikat, pada 1 April 2016. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun rencananya bakal menghadiri pertemuan tersebut.

Jusuf Kalla Wakili Presiden Jokowi untuk Hadir dalam KTT Keamanan Nuklir

Menurut Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Hasan Kleib, JK bakal mewakili presiden.”Ya, Pak JK bakal hadir dalam pertemuan tingkat kepala negara tentang keamanan nuklir di Washington,” katanya di kantor wakil presiden, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Menurut dia, pertemuan tersebut diinisiasi Amerika Serikat sebagai agenda dua tahunan. Acara tersebut telah dimulai sejak 2010. Indonesia pun telah berpartisipasi sejak awal. ”Pertemuan tersebut tidak membahas senjata nuklir, tetapi bahan-bahan aktifnya untuk keperluan medis dan lain-lain,” katanya.

Dia mengungkapkan KTT Keamanan Nuklir itu bertujuan membahas keamanan dan pengamanan penggunaan bahan-bahan aktif nuklir. Termasuk jika bahan tersebut jatuh kepada pihak bertanggung jawab.

Sementara itu, 52 negara anggota diawali dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi (SOM) bakal mengikuti KTT Keamanan Nuklir di Washington pada 30–31 Maret. Tujuannya, membahas rancangan dokumen yang bakal diadopsi di tingkat pemimpin negara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI : "Boikot Produk-Produk Amerika"

Ketua MUI : “Boikot Produk-Produk Amerika !”

Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu (17/12/2017) hari ini, dipadati oleh ...