Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Terbitkan Perpres Mengenai Kenaikan Iuran BPJS Per 1 April 2016

Jokowi Terbitkan Perpres Mengenai Kenaikan Iuran BPJS Per 1 April 2016

Jakarta – Terhitung mulai tanggal 1 April 2016 mendatang iuran BPJS akan naik antara 19 persen hingga 24 persen. Kenaikan jumlah iuran BPJS dipertegas dengan diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 19 tahun 2016 mengenai kenaikan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per 1 April 2016.

Jokowi Terbitkan Perpres Mengenai Kenaikan Iuran BPJS Per 1 April 2016

Berdasar informasi yang dihimpunt tim Harian Indo, Selasa (15/3/2016), dengan diterbitkannya Perpres ini, iuran kelas I yang awalnya Rp. 59.500 naik menjadi Rp. 80.000, iuran kelas II naik menjadi Rp. 51.000 dari yang awalnya Rp. 42.500, sementara iuran kelas III yang awalnya Rp. 25.500 naik menjadi Rp. 30.000.

Kenaikan iuran BPJS ini menyulut beragam reaksi dari masyarakat, bahkan Koordinator BPJS Watch Jatim, Jamaludin dengan tegas menyatakan penolakan terhadap kenaikan iuran JKN tersebut.

“Kami jelas menolak kenaikan iuran JKN karena dinilai sangat tidak pro rakyat. Apalagi selama ini penyelenggaraan JKN bisa dibilang belum berjalan dengan jika dilihat dari aspek pelayanan di beberapa rumah sakit,” ujar Jamaludin.


Baca juga:

Kenaikan Iuran BPJS Mendapat Penolakan dari Masyarakat

Wanita Emas Demokrat Klaim BPJS Sebagai Idenya

Menurutnya, masih banyak rumah sakit yang menolak pasien yang menggunakan BPJS. Selain itu kepesertaan warga miskin dinilai belum tepat sasaran dan masih minimnya peserta BPJS dari pekerja atau buruh. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa kenaikan iuran jelas bukan menjadi solusi dan justru akan makin membebani masyarakat. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Ganti Kapolda Metro Jaya, Ini Sebabnya

Kapolri Ganti Kapolda Metro Jaya, Ini Sebabnya

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan pergantian beberapa perwira tinggi Polri melalui telegram ...