Home > Teknologi > Sains > Keren, Fisikawan Ini Membuat Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter

Keren, Fisikawan Ini Membuat Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter

Munich – Dalam kisah fiksi Harry Potter, terdapat sebuah jubah sihir yang bisa digunakan untuk bersembunyi secara sempurna. Pasalnya, jubah gaib ini memiliki kemampuan untuk menjadi tembus pandang, sehingga siapapun yang bersembunyi di dalamnya tentu tidak akan ditemukan oleh orang lain.
Keren, Fisikawan Ini Membuat Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter
Perkembangan terbaru mengatakan bahwa jubah tembus pandang semacam itu bisa juga diciptakan dalam kehidupan nyata menggunakan cara-cara ilmiah. Dua orang peneliti dari Jerman dan Selandia Baru mengungkapkan kemungkinan tersebut.

Adalah seorang ahli fisika bernama Jad Halimeh dari Ludwig Maximilian University of Munich, Jerman, dan Robert Thompson dari University of Otago, Selandia Baru. yang merupakan dua peneliti yang menerbitkan sebuah makalah yang membahas tentang jubah tembus pandang. Makalah mereka itu dipublikasikan dalam jurnal ilmiah “Physical Review A” edisi terbaru 2016 ini.

Dari penelusuran Harian Indo, Selasa (15/3/2016), kedua fisikawan itu tidak hanya membahas tentang kemungkinan dibuatnya jubah tembus pandang. Mereka juga menerangkan tentang beberapa keterbatasan yang akan dimiliki jubah tersebut.

Secara teknis, Halimeh dan Thompson menuliskan bahwa jubah tembus pandang tersebut tidak akan berfungsi secara sempurna seperti layaknya jubah yang ditampilkan dalam Harry Potter. Yang terjadi adalah jubah tersebut tetap akan tembus pandang, namun memiliki beberapa distorsi gambar dan tampilan di beberapa bagiannya. Hal itu disebabkan oleh adanya gerakan dari pengguna jubah dan faktor-faktor spesifik lainnya.

Hasilnya, bila pun jubah tembus pandang tersebut berhasil dibuat, maka wujudnya akan lebih menyerupai kamuflase tembus pandang yang muncul dalam film Hollywood “Predator”, yang rilis tahun 1987 silam. Di sana, ditampilkan bagaimana seorang alien dengan teknologi canggihnya bisa mengaktifkan kamuflase tembus pandang, yang bila diamati, masih tidak terlalu sempurna terutama saat si alien bergerak lincah melompati pepohonan.

“Meskipun hasil kami mungkin mengecewakan bagi calon penyihir karena adanya keterbatasan perangkat, sebenarnya ini penting dalam kehidupan nyata. Teknologi baru mulai muncul dari penelitian, dan kami sedang mencari efeknya, baik yang bisa membahayakan fungsi dari teknologi ini, atau yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuan praktis baru di masa depan,” tutur Thompson. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Jakarta – Pluto sebelumnya menjadi objek terakhir dalam tata surya. Namun, ternyata ada objek lain ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis