Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Politik: Laju Ahok di Jalur Independen Tidak Akan Mulus

Pengamat Politik: Laju Ahok di Jalur Independen Tidak Akan Mulus

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah memutuskan maju lewat jalur independen. Sebagaimana diketahui, dia tidak mau mengeluarkan Rp 100 miliar–Rp 200 miliar ke salah satu partai politik sebagai mahar.

Pengamat Politik: Laju Ahok di Jalur Independen Tidak Akan Mulus

Peneliti dari Jayakarta Reform Instittute Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, Ahok sebaiknya tidak membuat blunder. ”Buktikan saja, atau itu sebenarnya hanya alasan Ahok?” katanya di Jakarta pada Rabu (16/3/2016).

Menurut dia, mahar politik adalah bentuk persekongkolan bandar atau cukon. Dengan begitu, hal tersebut bisa dirasakan, tetapi sulit dibuktikan. Jika ada partai yang meminta hal tersebut, Ahok perlu mengungkapkannya kepada publik.

Nah, karena kejadian tersebut, Ahok memilih maju secara independen. Namun, Pangi menilai jalan tersebut sangat sulit ditempuh. Terlebih, DPR mengeluarkan wacana baru. Yakni, syarat calon independen dalam Pilgub 2017 bakal diperberat.

”Ya bisa enggak mulus. Sebab, itu memang semakin sulit kalau syaratnya dibuat ketat. Meski jalur itu diatur dan legal, itu adalah sebuah pilihan. Ada konsekuensinya juga,” terangnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Jakarta – Permasalahan Ormas di negara ini seperti masih hangat untuk diperbincangkan. Yang terbaru, Direktur ...