Home > Hiburan > Gosip > Lecehkan Pancasila, Zaskia Gotik Bisa Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Lecehkan Pancasila, Zaskia Gotik Bisa Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Jakarta – Pedangdut Zaskia Gotik melecehkan lambang sila kelima dari Pancasila dengan istilah ‘Bebek Nungging’.

Lecehkan Pancasila, Zaskia Gotik Bisa Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Guyonan Zaskia Gotik itu dilontarkan ketika mengisi sebuah acara di stasiun televisi dalam segmen bertajuk ‘Cerdas Cermat’.

Dalam UUD 1945 sudah mengatur berbagai hal yang menyangkut tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, yaitu dalam Pasal 35, Pasal 36 , Pasal 36A , Pasal 36B dan untuk implementasinya ke dalam UU diperintahkan melalui Pasal 36 C. Namun demikian Bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan hingga kini belum diatur secara lengkap dalam sebuah UU.

Selama ini pengaturan tentang bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan diatur dalam beragam peraturan perundang-undangan antara lain (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang hanya mengatur tentang kejahatan (tindak pidana).

Dalam Pasal 57 b atau c atau d jo Pasal 69, Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000.

Zaskia Gotik pun dibully oleh netizen. Mereka menilai lambang negara tidaklah pantas dibuat bercandaan atau bahkan dihina.

“Lawakanya ngawur, grupnya enggak ada yang benar, habis menghina orang, eh ternyata lambang negara sendiri juga dihina. Yang gelarnya sih sama saja.”

“Lawakanya enggak bikin ketawa, bikin sakit hati masyarakat Indonesia,” kata ariestmaulana01. (Yayan – harianindo.com)

One comment

  1. sesuaikan aja hukum yg berlaku d negara tercinta ini

x

Check Also

Belum Mendapat Keuntungan, Peserta Usaha Patungan Laporkan Yusuf Mansur

Belum Mendapat Keuntungan, Peserta Usaha Patungan Laporkan Yusuf Mansur

Jakarta – Yusuf Mansur masih belum bisa lepas dari kasus hukum yang saat ini menjeratnya. ...