Home > Hiburan > Gosip > Zaskia Gotik Dinilai Telah Lecehkan Pancasila dengan Sebutan Bebek Nungging

Zaskia Gotik Dinilai Telah Lecehkan Pancasila dengan Sebutan Bebek Nungging

Jakarta – Zaskia Gotik membikin lelucon yang sebenarnya salah tempat. Ya, dia mengganti sila kelima dengan Bebek Nungging. Lelucon tersebut pun diucapkan dalam segmen Cerdas Cermat yang disiarkan televisi.

Zaskia Gotik Dinilai Telah Lecehkan Pancasila dengan Sebutan Bebek Nungging

Nah, publik pun menilai yang dilakukan Zaskia sudah melecehkan lambang negara. Tentu, ada sanksi berat yang menanti sesuai dengan UU yang berlaku di Indonesia.

Dalam UUD 1945, bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan, diatur dalam pasal 35, pasal 36, pasal 36A, dan pasal 36B. Pasal tersebut pun diimplementasikan dalam UU lewat pasal 36 C.

Selama ini, berbagai hal tersebut diatur dalam eraturan perundang-undangan antara lain (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang hanya mengatur tentang kejahatan (tindak pidana).

Nah, dalam pasal 57 b atau c atau d jo pasal 69 menyebutkan, setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan lambang negara akan dipidana dengan paling lama 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Sebagaimana pantauan Harian Indo pada Rabu (16/3/2016), netizen pun mem-bully Zaskia Gotik. Sebab, lambang negara sepatutnya tidak dibuat guyonan. Terlebih dihina.

”Mbak tolong kalau becanda hati-hati dan pakai pikiran ya. Para pendiri bangsa merumuskan lambang negara dengan pemikiran dan kerja keras. Para pahlawan bangsa merebut kemerdekaan dengan taruhan nyawa, mbak seenaknya saja kalau bicara. Tolong kalau mau tampil di Tv belajar biar agak pintaran dikit. Kalau enggak bisa mending enggak usah ngomong. Diam lebih baik dan bisanya nyanyi sama goyang ya lakukan itu saja,” komentar seorang netizen. (Tita Yanuantari – harianindo.com

One comment

  1. kebangetan si zaskia, tak seharusnya pancacila dibuat bahan lawakan.
    semoga tidak terulang lagi..

x

Check Also

Umji G-Friend Kembali Buat Para Netizen Kagum

Umji G-Friend Kembali Buat Para Netizen Kagum

Jakarta – G-Friend menjadi salah satu artis penampil di ajang penghargaan Golden Disc Awards 2017 ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis