Home > Ragam Berita > Nasional > Dewan Pers Imbau Jangan Menyalah Gunakan Media

Dewan Pers Imbau Jangan Menyalah Gunakan Media

Pontianak – Bagir Manan selaku dewan pers mengimbau seluruh pihak tidak memakai pers untuk kepentingan negatif. Terutama pemilik dan pelaku media

Dewan Pers Imbau Jangan Menyalah Gunakan Media

”Saya imbau jangan ada yang iseng memakai pers untuk kepentingan-kepentingan yang tidak sehat. Sebab, pers bisa dimanfaatkan sebagai unsur politik dan bisa juga nonpolitik,” katanya saat menjadi pembicara dalam Seminar Literasi Media yang digelar Dewan Pers di Singkawang, Kalbar, Selasa (15/3/2016).

Menurut dia, ada berbagai hal yang bisa bakal berpengaruh terhadap kinerja pers. Dengan demikian, produk-produk pers tidak selalu bermutu baik. Selain itu, semua pihak tidak akan puas dengan isinya.

Dia menambahkan, ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kinerja wartawan menjadi kurang baik. Misalnya, kebutuhan wartawan. Keterbatasan waktu mempersiapkan wartawan dengan baik adalah salah satu penyebab utama. Akibatnya, wartawan harus belajar sambil bekerja.

”Ada lagi, pers sebagai bagian dari usaha ekonomi. Kadang-kadang, hal itu dapat bisa mempengaruhi cara kerja pers. Kemudian, pers juga tidak luput dari politik,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kabupaten Simeulue di Aceh Digetarkan Gempa Berkekuatan 5 SR

Kabupaten Simeulue di Aceh Digetarkan Gempa Berkekuatan 5 SR

Sabang- Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter mengguncang Kabupaten Simeulue, Jumat pagi. Badan Meteriologi Klimatologi ...