Home > Ragam Berita > Internasional > PBB Adakan Pertemuan Tertutup, AS dan Rusia Beda Pendapat

PBB Adakan Pertemuan Tertutup, AS dan Rusia Beda Pendapat

New York – Dewan Keamanan (DK) PBB) menyelenggarakan pertemuan tertutup pada pada Senin (14/3/2016). Pertemuan tersebut membahas peluncuran rudal Iran yang belumlama ini dilakukan.

PBB Adakan Pertemuan Tertutup, AS dan Rusia Beda Pendapat

Namun, dua negara berbeda pendapat dalam pertemuan tersebut. Keduanya adalah Amerika Serikat dan Rusia.

Berdasar pantauan Harian Indo pada Kamis (17/3/2016), PBB dan 15 anggota itu bertemu secara tertutup. Pertemuan tersebut dilakukan atas permintaan Amerika Serikat. Mereka ingin meminta respons dari dewan atas peluncuran dua rudal oleh Iran pada 9 Maret.

”Ini pantas mendapat reaksi Dewan,” kata Wakil Tetap AS untuk PBB Samantha sebagaimana diberitakan Xinhua.

Saat ini, Washington mendorong DK bertindak mengenai peluncuran rudal Iran, yang digambarkan oleh Power sebagai “provokatif dan merusak kestabilan”.

Namun, Vitaly Churkin, Duta Besat Rusia di PBB, mengatakan kepada wartawan bahwa peluncuran rudal oleh Iran tersebut tidak melanggar resolusi terkait Dewan Keamanan.

Sebagaiamana diketahui, Rudal Qadr-H dan Qadr-F diluncurkan dari Dataran Tinggi Alborz Timur di Iran Utara. Udal tersebut menghantam sasaran di Pantai Makran, bagian tenggara negeri itu. Masing-masing mempunyai jarak jelajah 1.700 kilometer dan 2 ribu kilometer. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Menjaga Citra Islam, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Untuk Khotbah

Menjaga Citra Islam, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Untuk Khotbah

Selangor – Sharafuddin Idris Shah selaku Sultan Selangor belum lama ini perintahkan agar semua masjid ...