Home > Ragam Berita > Nasional > Awas, Flu Burung Menyerang Cilandak Barat, Puluhan Unggas Mati

Awas, Flu Burung Menyerang Cilandak Barat, Puluhan Unggas Mati

Jakarta – Lama tak terdengar kabarnya, flu burung kali ini terjadi lagi di Indonesia, yang kali ini lebih tepatnya terjadi di Cilandak Barat, Jakarta. Puluhan unggas ditemukan telah mati mendadak dan Dinas Pertanian, Kelautan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) pun menyebut jika peristiwa matinya puluhan unggas itu diakibatkan oleh virus Avian Influenza (AI) atau biasa disebut flu burung.

Awas, Flu Burung Menyerang Cilandak Barat, Puluhan Unggas Mati

Saat berbicara dengan wartawan, Minggu (20/3/2016), Kepala KPKP Kristisasi Helenandari menyatakan bahwa kejadiannya terdapat di pemulung RT 14 RW 04 Kelurahan Cilandak Barat, dan dilaporkan ada 20 ayam dan entok yang mati mendadak. Helena menambahkan bahwa pihaknya sidah mengambil sampel dan selanjutnya dibawa ke laboratorium dan mendapati hasilnya jika positif flu burung (A1).

Helena menyatakan bahwa ada sekitar 30 unggas dan 20 diantaranya mati dan kemudian dengan prosedur khusus pihakny amemusnahkan seluruh unggas itu. Helena menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan prosedur focal culling, dan para petugas melakukan pemusnahannya itu dengan memakai seragam khusus.

Helena mengatakan bahwa pihaknya tak cuma memusnahkan yang mati namun juga semuanya dimatikan dengan cara dipotong dan kemudian dibakar baru dikubur dan selanjutnya dilakukan desinfeksi atau cuci hama. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

One comment

  1. lebih baik dari jjauh-jauh hari sudah ada faksinasi terhadapat hewan ternak agar tidak sampai terjangkit flu burung burung cucak

x

Check Also

Golkar Dikabarkan Segera Umumkan Kader yang Maju sebagai Calon Kepala Daerah

Golkar Dikabarkan Segera Umumkan Kader yang Maju sebagai Calon Kepala Daerah

Palembang – DPD Golkar Sumatera Selatan akan menyampaikan sejumlah nama bakal calon kepala daerah ke ...