Home > Teknologi > Sains > Mobil Listrik Tak Pakai Baterai Dikembangkan di Jepang

Mobil Listrik Tak Pakai Baterai Dikembangkan di Jepang

Toyohashi – Pada umumnya, mobil listrik memakai baterai. Itu digunakan sebagai sumber energi listrik. Namun, hal berbeda dilakukan Toyohashi University of Technology, Jepang. Mereka menciptakan kendaraan listrik tanpa baterai.

Mobil Listrik Tak Pakai Baterai Dikembangkan di Jepang

Sebagaimana diketahui, baterai memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, waktu charge yang lama, jangkauannya tidak jauh, harganya mahal, serta menjadi limbah kimia.

Mobil listrik buatan Toyohashi University of Technology menggunakan pelat baja tipis berbentuk sabuk yang ditanam dalam ban. Pelat baja terkoneksi dengan elektroda di jalan. Dengan demikian, terjadi transfer listrik. Energi listrik pun disalurkan ke motor di setiap roda mobil. Mobil tersebut telah diuji coba di jalanan sepanjang 30 meter. Kecepatan maksimumnya mencapai 10 kilometer per jam.

”Akselerasinya halus. Perjalanan menggunakan mobil ini terasa nyaman,” ujar Ohira sebagaimana diberitakan Japan Times pada Selasa (22/3/2016).

Sementara itu, butuh waktu lima tahun untuk merealisasikan ide kendaraan listrik tanpa baterai tersebut sehingga berbentuk prototipe. Para peneliti pun bekal menguji dan mengembangkan riset. Dengan demikian, mobil itu bisa menjadi produk nyata. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Tatoo I dan II Tampak Seperti Planet Tatooine di Film Star Wars

Wow, Tatoo I dan II Tampak Seperti Planet Tatooine di Film Star Wars

Washington – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan Planet Kepler 35. Planet itu mirip dengan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis