Home > Teknologi > Sains > Mobil Listrik Tak Pakai Baterai Dikembangkan di Jepang

Mobil Listrik Tak Pakai Baterai Dikembangkan di Jepang

Toyohashi – Pada umumnya, mobil listrik memakai baterai. Itu digunakan sebagai sumber energi listrik. Namun, hal berbeda dilakukan Toyohashi University of Technology, Jepang. Mereka menciptakan kendaraan listrik tanpa baterai.

Mobil Listrik Tak Pakai Baterai Dikembangkan di Jepang

Sebagaimana diketahui, baterai memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, waktu charge yang lama, jangkauannya tidak jauh, harganya mahal, serta menjadi limbah kimia.

Mobil listrik buatan Toyohashi University of Technology menggunakan pelat baja tipis berbentuk sabuk yang ditanam dalam ban. Pelat baja terkoneksi dengan elektroda di jalan. Dengan demikian, terjadi transfer listrik. Energi listrik pun disalurkan ke motor di setiap roda mobil. Mobil tersebut telah diuji coba di jalanan sepanjang 30 meter. Kecepatan maksimumnya mencapai 10 kilometer per jam.

”Akselerasinya halus. Perjalanan menggunakan mobil ini terasa nyaman,” ujar Ohira sebagaimana diberitakan Japan Times pada Selasa (22/3/2016).

Sementara itu, butuh waktu lima tahun untuk merealisasikan ide kendaraan listrik tanpa baterai tersebut sehingga berbentuk prototipe. Para peneliti pun bekal menguji dan mengembangkan riset. Dengan demikian, mobil itu bisa menjadi produk nyata. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...