San Fransisco – Fitur anyar yang kini dimiliki oleh Facebook akan meningkatkan kewaspadaan terhadap akun palsu yang selama ini menjadi masalah di jejaring sosial paling populer di dunia ini.

Facebook Kini Bisa Mendeteksi Munculnya Akun Palsu

Seperti dilansir dari Mashable (Kamis, 24/3/2016), sekitar 75 persen dari profil Facebook sekarang secara otomatis diberi tahu ketika penipu menggunakan foto profil dan nama pengguna mereka untuk membuat akun palsu.

Apabila sang penipu terdeteksi, sistem akan secara otomatis memberi peringatan kepada pengguna asli. Orang tersebut kemudian dapat memberi bendera profil itu sebagai peniruan, dan tim keamanan Facebook yang diberi tahu, akan menghapus akun terkait.

Peniruan bukanlah ancaman keamanan luas bagi para pengguna Facebook, tapi perempuan khususnya rentan terhadap penipu yang membuat profil palsu yang bertujuan untuk melecehkan mereka.

“Ini adalah fokus perhatian bagi beberapa wanita di daerah tertentu di dunia di mana peniruan mungkin memiliki konsekuensi budaya atau sosial tertentu,” ujar Kepala Keamanan Global Facebook Antigone Davis kepada Mashable sebagaimana dikutip PCMag (Kamis, 24/3/2016). (Yayan – www.harianindo.com)