Home > Teknologi > Sains > Benarkah Pluto Mempunyai Sungai dan Danau?

Benarkah Pluto Mempunyai Sungai dan Danau?

Washington – Tata surya tentu menyimpan sejuta misteri. Banyak hal yang belum terkuak. Karena itu, NASA hadir untuk melakukan penelitian.

Benarkah Pluto Mempunyai Sungai dan Danau?

Belum lama ini, mereka menduga nitrogen cair pernah mengalir di dataran Pluto. Itu adalah sebuah hasil penelitian yang dilakukan New Horizons sebagai wahana antariksa tanpa awak NASA.

Sebagaimana diberitakan New Scientist pada Selasa (22/3/2016), penemuan tersebut didapatkan dari data New Horizons. Mereka meneliti iklim Pluto. Hasilnya, tekanan atmosfer di sana berubah dari waktu ke waktu.

”Kami duga terdapat cairan di permukaan Pluto pada masa lalu,” kata pemimpin misi Alan Stern.

Selain itu, penelitian tersebut memperlihatkan adanya tanah yang sedikit menonjol di dataran Pluto. Kondisi tersebut mirip dengan bentuk sebuah sungai dan danau.

”Diduga, ada sungai dan danau di masa lalu,” kata Stern.

Terlebih, prediksi tersebut diambil setelah para peneliti menyatukan gambar topografi Pluto dari New Horizons. Karena itu, persepsi orang dipastikan bakal berubah terhadap Planet Katai tersebut.

”Penelitian itu bakal mengganti pandangan kita tentang salah satu objek langit dari Bumi ini,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...