Home > Olahraga > Bola > Legenda Sepakbola Johan Cruyff Menghembuskan Nafas Terakhir

Legenda Sepakbola Johan Cruyff Menghembuskan Nafas Terakhir

Barcelona – Legenda Tim Oranje Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff, dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (24/3/2016) di Barcelona, Spanyol.

Legenda Sepakbola Johan Cruyff Menghembuskan Nafas Terakhir

Pernyataan di situs internetnya menyebutkan jika pria 68 tahun menghembuskan nafas terakhirnya di Barcelona dengan didampingi keluarganya.

Cruyf didiagnosa menderita kanker paru-paru sejak Oktober 2015 silam. Ia meninggalkan banyak sekali warisan penting di dunia sepakbola. Salah satunya adalah gerakan yang diberi nama menggunakan namanya, Cruyff Turn.

Cruyff pernah bermain dan menjadi manajer untuk Ajax dan Barcelona serta terpilih sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA atau Ballon d’Or sebanyak tiga kali.

Sebagai pemain Ajax, Cruyff ikut mengantarkan klub Belanda tersebut meraih tiga kali Piala Eropa secara berturut-turut sebelum menjadi manajer Barcelona dan merebut Piala Eropa tahun 1992.

Di bawah kepelatihannya Barcelona juga merebut Piala La Liga empat kali berturut-turut mulai musim 1990-1991 hingga 1993-1994.

Bersamanya pula Timnas Oranje Belanda berhasil masuk final Piala Dunia tahun 1974 namun kalah dari Jerman Barat yang saat itu sedang berada dalam masa keemasannya.

Dianggap sebagai salah seorang pesepakbola terkemuka di dunia, Cruyff menjalani operasi jantung dua kali pada tahun 1991 silam. Selamat jalan Johan Cruyff! (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Prediksi Barcelona vs Olympiacos, Kamis 19 Oktober 2017

Prediksi Barcelona vs Olympiacos, Kamis 19 Oktober 2017

Jakarta – Tengah pekan ini Liga Champions Eropa akan kembali bergulir, pekan ketiga Grup D ...