Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Aneka Sajian Unik di Hari Paskah

Aneka Sajian Unik di Hari Paskah

Jakarta – Hari perayaan Paskah adalah salah satu hari penting bagi umat Kristiani. Seperti hari-hari raya pada umumnya, pada perayaan Paskah pun tersedia beberapa makanan khas yang unik untuk ikut memeriahkan perayaan paskah di berbagai negara.

Aneka Sajian Unik di Hari Paskah

Yuk, kita simak apa saja makanan khas yang unik di hari Paskah seperti dilansir dari resepkita (Jumat, 25/3/2015) ini!

Telur & Kelinci Paskah

Telur paskah menjadi salah satu simbol khas di setiap perayaan hari Paskah hampir di seluruh negara di dunia. Selain itu, di beberapa negara membagi-bagi telur paskah juga menjadi simbol menyambut musim semi. Telur melambangkan kehidupan baru dan merupakan jenis makanan yang dipantang selama masa prapaskah. Telur paskah dihias dengan warna-warni yang cantik dan menarik, biasanya dibagikan kepada anak-anak bersama hadiah paskah lainnya. Selain telur, kelinci juga menjadi simbol di hari Paskah karena kelinci merupakan simbol kesuburan. Cake, roti, cokelat atau permen lucu berbentuk kelinci akan banyak Clovers temui di hari Paskah.

King Cake

King cake adalah cake yang menjadi ciri khas perayaan paskah di Perancis. Cake ini dihias dengan sangat mewah, bentuknya besar dan bulat, dengan dominasi warna ungu, hijau dan emas. Selain warna-warni dan hiasan yang mewah, king cake khas Perancis ini menggunakan kayu manis, kismis, krim keju dan apel kering dalam adonannya.

Cozonac

Cozonac merupakan roti khas Rumania, roti istimewa ini hanya disajikan saat perayaan Paskah dan Natal. Uniknya roti ini mempunyai ritual saat pembuatannya, yaitu ruangan yang digunakan untuk membuatnya harus hangat dengan pintu dan jendela tertutup dan harus dimasak pada pagi hari saat matahari baru terbit. Varian roti cozonac bermacam-macam, ada yang menambahkan cokelat atau selai agar rasanya semakin lezat.

Simnel Cake

Simnel Cake adalah kue khas Paskah di Inggris yang dibuat dari tepung gandum. Ciri khas cake ini di atasnya dihias dengan sebelas marzipan ball yang dibuat dari campuran gula dan pasta almond. Sebelas marzipan ball ini melambangkan jumlah rasul dalam kepercayaan Kristiani. Simnel Cake sudah ada sejak abad ke 17.

Kulich

Kulich merupakan salah satu cake khas Paskah dari Rusia, Bulgaria dan Serbia. Bentuk cake ini cukup unik, karena mempunyai bentuk yang tinggi dengan hiasan icing sugar yang meleleh dari permukaan cake, mirip menara yang terkena lelehan salju. Tak lupa ditambah hiasan manisan buah seperti cherry di atas cake, membuatnya semakin cantik dan menarik.

Hot Cross Bun

Selain Simnel Cake, Inggris punya satu makanan khas Paskah lainnya yaitu Hot Cross Bun. Hot cross bun adalah roti yang menjadi salah satu simbol Paskah, melambangkan keberuntungan. Roti panggang ini disajikan selagi hangat pada hari-hari besar di Inggris seperti Paskah dan Natal. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Babat Gongso Pedas Manis

Resep Babat Gongso Pedas Manis

Jakarta – Babat adalah jenis jeroan yang paling gampang diolah dengan cara digongso. Rasa babat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis