Home > Teknologi > Sains > Inilah Alasan Mengapa Gula Mudah Larut dalam Air

Inilah Alasan Mengapa Gula Mudah Larut dalam Air

Jakarta – Anda pasti mengetahui bahwa Gula mudah larut di air panas. Hal tersebut kini bukan rahasia lagi. Sayangnya, tak banyak yang memahami gula itu bisa cepat larut dalam air panas jika dibandingkan dengan air dingin.

Inilah Alasan Mengapa Gula Mudah Larut dalam Air

Sebagaimana dijelaskan dalam Kisah 1.001 Fakta Sains Tersuper di Dunia, sifat kelarutan padatan dalam cairan bakal naik. Kenaikan tersebut terjadi seiring dengan peningkatan suhu. Hal sebaliknya pun berlaku. Karena itu, kepadatan suatu benda dapat larut dalam cairan dengan suhu lebih tinggi.

Selain disebabkan efek kelarutan tersebut, tempartur tinggi memiliki fungsi. Yakni, pemasok energi pelarut. Hal tersebut akal membuat padatan larut dalam air.

Nah, kini Anda mengerti bukan alasan gula mudah larut dalam air panas? Penjabaran di atas adalah alasan gula menjadi cepat larut dalam air panas. Misalnya, saat Anda menyeduh kopi atau teh dengan air panas. Jika menuangkan air dingin, tentu gula membutuhkan waktu lebih lama untuk larut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Tatoo I dan II Tampak Seperti Planet Tatooine di Film Star Wars

Wow, Tatoo I dan II Tampak Seperti Planet Tatooine di Film Star Wars

Washington – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan Planet Kepler 35. Planet itu mirip dengan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis