Home > Ragam Berita > Nasional > Ratusan Buruh Datangi Ruang Sidang PN Jakpus

Ratusan Buruh Datangi Ruang Sidang PN Jakpus

Jakarta – Ratusan buruh memadati ruang sidang Kartika IV di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (28/3/2016). Mereka menonton jalannya sidang perdana kasus dugaan kriminalisasi terhadap 26 aktivis. Yakni, terdiri atas 2 pengacara Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, 1 aktivis buruh, dan 1 mahasiswa.

Ratusan Buruh Datangi Ruang Sidang PN Jakpus

Polisi pun melakukan pengawalan ketat sidang dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum. Ruangan sidang telah penuh. Karena itu, polisi tak memperbolehkan lagi pengunjung masuk.

Sementara itu, massa buruh lainnya terus berunjuk rasa. Juru bicara Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kahar S. Cahyono mengungkapkan, itu adalah bentuk solidaritas bagi 23 aktivis buruh, 2 pengacara publik, dan 1 mahasiswa.

Ke-26 aktivis itu dikriminalisasi dengan Pasal 216 dan 218 KUHP. Sebab, mereka beraksi melebihi jam pemberlakuan pada tanggal 30 Oktober 2015 di depan Istana Negara.

Sebelumnya, pada 21 Maret 2016, ratusan buruh melakukan unjuk rasa di PN Jakpus. Mereka meminta rekan-rekannya dibebaskan. spanduk bertulisa Stop Kriminalisasi Aktivis dan Bebaskan 26 Aktivis Buruh pun dibentangkan di depan halaman PN Jakpus. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua Setara Minta Jokowi Berhati-hati Pada Maunuver Panglima TNI

Ketua Setara Minta Jokowi Berhati-hati Pada Manuver Panglima TNI

Jakarta – Merebaknya isu mengenai pembelian 5.000 senjata yang disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, ...