Home > Ragam Berita > Nasional > Imbau Jokowi Segera Bentuk Komisi Pelanggaran HAM

Imbau Jokowi Segera Bentuk Komisi Pelanggaran HAM

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah berjanji untuk menyelesaikan masalah ham yang terjadi di masa lalu. Karena itu, Setara Istitute meminta presiden membuat Komisi Pengungkapan Kebenaran dan Pemulihan Korban.

Imbau Jokowi Segera Bentuk Komisi Pelanggaran HAM

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pengurus Setara Institute Hendardi saat berkunjung ke kantor Dewan Perwakilan Presiden (Wanpinpres) di Jakarta pada Selasa (29/3/2016). Dia berpesan agar komisi tersebut tokoh independen dan imparsial. Bukan kalangan kementerian atau institusi negara seperti TNI, Polri dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Hendardi menyatakan, komisi tersebut bekerka berdasar rekonsiliasi berupa output. Yakni, result dari suatu proses pengungkapan kebenaran.
”Jadi, yang utama harus dilakukan komisi itu adalah mengungkap kebenaran dan merekomendasikan langkah lanjut, apakah kasus bisa direkonsilasi atau diselesaikan melalui mekanisme pengadilan,” paparnya.

Menrut dia, pihaknya menginginkan anak cucunya kelak mengerti tentang tahu sejarah. Namun, bukan sejarah yang dibuat-buat. ”Makanya, kami mau adanya buku putih tentang pelanggaran HAM masa lalu yang dapat dijadikan mata pelajaran sejarah bagi setiap anak sekolah,” tandasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Sebut Presidential Threshold 20 Persen Hanya Lelucon Politik

Prabowo Sebut Presidential Threshold 20 Persen Hanya Lelucon Politik

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan ketidaksetujuannya dengan Undang-Undang Pemilu yang baru ...