Home > Teknologi > Sains > Ubaya Buka Program Studi Pendidikan Dokter Mulai April 2016

Ubaya Buka Program Studi Pendidikan Dokter Mulai April 2016

Surabaya – Universitas Surabaya (Ubaya) telah memperoleh lampu hijau dari Menristekdikti, Muhammad Nasir, untuk membuka Program Studi Pendidikan Dokter. Prodi baru itu akan mulai beroperasi pada April 2016.
Ubaya Buka Program Studi Pendidikan Dokter Mulai April 2016
“Penantian panjang itu akhirnya terealisasi di Ruang Rapat Kemenristekdikti, Jakarta, Senin (28/3) sore,” tutur Rektor Ubaya, Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD, di Surabaya, sebagaimana dilansir dari Antaram, Rabu (30/3/2016).

“Salah satu yang melatarbelakangi pendirian Prodi Dokter adalah Penghargaan atas Kontribusi dalam Pengembangan Standarisasi Nasional oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional),” lanjutnya.

Sejatinya, Ubaya memang telah memiliki kepakaran di bidang ilmu kesehatan, yakni antara lain Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi. Oleh karena itu, pembentukan program studi baru seperti kedokteran memang bisa dikatakan hanya tinggal menunggu waktu dan kesiapan saja.

“Kami telah mempersiapkan kurikulum Pendidikan Dokter untuk masa studi selama empat tahun (delapan semester) dengan 155 SKS, lalu Profesi Kedokteran untuk masa studi selama dua tahun (empat semester) dengan 48 SKS,” terang Joniarto lagi.

Untuk mendukung proses perkuliahan, Ubaya sendiri telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Pendidikan Utama, yaitu RSUD Dr. Soekandar Mojosari, yang terletak di Mojokerto.

“Kami juga sudah berencana membangun Rumah Sakit Pendidikan di lahan parkir Kampus Ubaya Tenggilis seluas 5,5 hektare, tapi kami akan pakai 1 hektare untuk rumah sakit. Artinya, Ubaya akan memiliki dua Rumah Sakit Pendidikan,” sambungnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Studi, Iklim Berperan Mempengaruhi Bentuk Hidung Manusia

Studi, Iklim Berperan Mempengaruhi Bentuk Hidung Manusia

Jakarta – Bentuk hidup memang sangat beragam. Dan biasanya juga dipengaruhi faktor keturunan. Ada yang ...