Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 127 Warga Simalungun Dinyatakan Positif Terjangkit HIV

127 Warga Simalungun Dinyatakan Positif Terjangkit HIV

Simalungun – Warga Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, cukup dibuat khawatir dengan kabar terbaru yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun. Instansi tersebut melaporkan bahwa telah ada sedikitnya 127 orang warga Simalungun yang positif terjangkit HIV, yakni virus yang bisa memicu terjadinya AIDS.
127 Warga Simalungun Dinyatakan Positif Terjangkit HIV
“Data itu sampai Maret 2016, dan mereka yang terinfeksi kebanyakan ibu rumah tangga,” demikian pernyataan yang diutarakan oleh Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Simalungung, Serubabel Saragih, kepada awak media di kompleks perkantoran Pemkab Simalungun, Pamatang Raya, Kamis (31/3/2016).

Serubabel kemudian melanjutkan, data warga yang terjangkit HIV/AIDS di Simalungun terus bertambah dari tahun ke tahun. Hal itu tetap terjadi meski berbagai program pencegahan, sosialisasi, dan penyuluhan senantiasa digencarkan oleh Dinas Kesehatan setempat.

Serubabel pun menilai bahwa ibu-ibu rumah tangga yang terinfeksi HIV tersebut telah tertular dari suaminya, yang kemungkinan besar telah melakukan “kegiatan beresiko tinggi”. Seperti diketahui, penularan HIV/AIDS salah satunya terjadi karena melakukan hubungan seks yang tidak aman atau berganti-ganti pasangan.

Selain itu, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, penggunaan narkoba suntik dimana jarumnya dipakai bergantian, atau transfusi darah yang tidak terawasi dengan baik juga bisa memicu penularan HIV/AIDS. Intinya, virus HIV/AIDS bisa menular lewat kontak darah.

“Penularannya tidak bisa melalui udara atau sentuhan maupun makan satu piring, minum bergantian dengan gelas yang sama,” terang Serubabel.

Sampai saat ini, Dinas Kesehatan setempat, berkoordinasi dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) daerah, dan lembaga lainnya, terus melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap warga yang telah positif terjangkit HIV/AIDS.

“Kami imbau dan berikan kesadaran supaya mereka tidak menularkan kepada yang lain,” tandas Serubabel. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...