Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Dituding Telah Menjadi Lembaga Bantuan Hukum Bagi Ahok

KPK Dituding Telah Menjadi Lembaga Bantuan Hukum Bagi Ahok

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendapatkan komentar negatif dari berbagai pihak lantaran mereka dianggap tidak berani mengusut tuntas kasus dugaan korupsi dalam pembelian lahan milik Rumah Sakit Sumber Waras, yang melibatkan nama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Yang terbaru, KPK dituduh telah menjadi semacam “lembaga bantuan hukum” bagi Ahok, yang menyebabkan mantan Bupati Belitung Timur itu seperti tak tersentuh oleh proses hukum terkait kasus Sumber Waras tadi.
KPK Dituding Telah Menjadi Lembaga Bantuan Hukum Bagi Ahok
“Ada indikasi bahkan bukti kuat bahwa komisioner KPK seolah-olah menjadikan diri mereka yang digaji oleh Negara menjadi advokat insitusi KPK sebagai LBH bagi Gubernur DKI,” demikian ujar Koordinator Gerakan Aliansi Laskar Anti Korupsi (Galak), Muslim Arbi, Kamis (31/3/2016).

Muslim Arbi menilai ada tiga 3 indikasi yang mendukung tuduhan Galak tentang KPK mendukung Ahok. Tiga indikasi tersebut antara lain:

Pertama, KPK mencari-cari alasan untuk menunda proses audit forensik atas pembelian lahan Sumber Waras

Kedua, Komisioner KPK Basariah Panjaitan, sempat mengatakan secara publik bhwa kasus Sumber Waras belum memiliki cukup bukti untuk dilanjutkan ke tingkat penyidikan. Pernyataan ini dianggap tidak masuk akal karena KPK sendiri sudah mengantongi laporan hasil audit tahap pertama dan hasil audit investigatif dari BPK.

“Indikasi lainnya (ketiga), pernyataan Komisioner KPK Alexander Marwata yang menyatakan bahwa tidak ada niat jahat untuk korupsi dalam kasus Sumber Waras,” tandas Muslim lagi. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Jaksa KPK Tegaskan Miryam S. Haryani Terbukti Bersalah Dalam Kasus E-KTP

Jaksa KPK Tegaskan Miryam S. Haryani Terbukti Bersalah Dalam Kasus E-KTP

Jakarta – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai anggota DPR RI Miryam S. Haryani terbukti ...