Home > Ragam Berita > Ekonomi > Kabar Gembira, Iuran BPJS Kesehatan Batal Naik

Kabar Gembira, Iuran BPJS Kesehatan Batal Naik

Jakarta – Rencana kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang telah didengungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya batal.

Kabar Gembira, Iuran BPJS Kesehatan Batal Naik

Pada awalnya, presiden akan menaikkan iuran untuk kelas III yang awalnya Rp 25.500 menjadi Rp 30 ribu. Pembatalan kenaikan ini dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 tahun 2016.

“Yang sebelumnya diusulkan untuk dinaikkan dalam Perpres 19 menjadi Rp 30 ribu dari Rp 25.500. Presiden memutuskan untuk dikembalikan. Artinya tetap diberlakukan untuk rakyat untuk masyarakat itu Rp25.500,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di Istana Presiden, Jakarta (Kamis, 31/3/2016).

Pramono menambahkan, sulan kenaikan ini sebenarnya melalui proses yang panjang yang dimulai sejak Februari 2015. Setelah dilakukan harmonisasi maka usulan itu sampai kepada Presiden Jokowi.

Namun ternyata justru muncul reaksi protes dari beberapa lapisan masyarakat maupun DPR.

“Kami melihat dalam kondisi seperti ini maka untuk kelas III perlu ada perlindungan yang diberi, negara hadir dalam persoalan itu,” ujar Pramono menambahkan.

Oleh karena itu, Pemerintah pun masih tetap akan menyubsidi iuran BPJS Kesehatan untuk kelas III. Menurut Pramono, pengguna BPJS Kesehatan paling besar memang ada di kategori tersebut.

Selain itu diberikan pula fasilitas yang memungkinkan pasien kelas III dirawat di kelas I jika mengalami penyakit yang parah.

“Jadi masuk sebagai anggota iuran kelas III tetapi dalam perjalanan, ketika dia sakit perlu perawatan kelas I, sekarang diperbolehkan.” (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Utang Indonesia Membengkak, Ini Kata Jusuf Kalla

Utang Indonesia Membengkak, Ini Kata Jusuf Kalla

Jakarta – Utang Indonesia diberitakan membengkak, yang disebabkan karena banyaknya proyek-proyek strategis yang sedang dikebut ...