Home > Ragam Berita > Nasional > Praperadilan Pertama Ditolak, Maki Kini Seret BPK dalam Gugatan Kedua

Praperadilan Pertama Ditolak, Maki Kini Seret BPK dalam Gugatan Kedua

Jakarta – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) bakal melayangkan gugatan praperadilan lagi ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Hal tersebut dilakukan karena gugatan pertama terkait dengan kasus dugaan korupsi RS Sumber Waras terhadap KPK ditolak.

Praperadilan Pertama Ditolak, Maki Kini Seret BPK dalam Gugatan Kedua

Koordinator MAKI Bo Yamin Saiman menjelaskan, gugatan kedua terlah didaftarkan. ”Berkasnya juga sudah dapat nomor perkara,” katanya kepada media Kamis (31/3/2016).

Dalam sidang pertama, MAKI hanya meminta meningkatkan status kasus sumber waras ke ranah penyidikan. Namun, dalam praperadilan kedua, BPK dimasukkan sebagai termohon dua.

”Hal tersebut bertujuan segera memastikan proses selanjutnya, apakah dapat dilanjutkan ke penyidikan atau tidak. Begitu juga dengan penetapan tersangka, sebaliknya dihentikan penyelidikannya (oleh KPK) atau dilanjutkan,” jelasnya.

Yami menjelaskan sudah sepantasnya BPK digugat. Sebab, kasus tersebut berawal dari laporan hasil pemeriksaan dan audit yang diberikan pada KPK.

Menurut dia, hal tersebut menimbulkan polemik. Selain itu BPK digugat karena tidak hadir dalam sidang pertama sebagai saksi. ”Karena tidak hadir sebagai saksi, BPK harus ikut digugat. Sebab, mereka berkewajiban menguak seluruh data,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Berharap Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Novel Baswedan

KPK Berharap Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Novel Baswedan

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai, Presiden Joko Widodo perlu turun tangan bila ingin ...