Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep Kue Pancong Yang Gurih dan Enak

Resep Kue Pancong Yang Gurih dan Enak

Jakarta – Untuk beberapa diantara kita mungkin masih dengan mudah bisa menemukan penjual kue pancong ini disekitar rumah atau sekolahan anak anak. Ya, dibeberapa tempat masih bisa dengan mudah menemukan penjual kue satu ini, tetapi secara umum sekarang memang sangat jarang sekali bisa dijumpai. Padahal harga kue pancong ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak menguras kantong lho.

Resep Kue Pancong Yang Gurih dan Enak

Berikut resepnya seperti dilansir dari resepcaramemasak.info (Jumat, 1/4/2016):

Bahan-bahan:

Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Gunakan tepung beras yang masih baru dan tidak apek. Jangan lupa saring dan ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
Buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Gunakan kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasanya lebih gurih kemudian parut.
Santan yang diambil dari perasan buah kelapa asli kurang lebih sebanyak 650 ml saja. Bisa juga menggunakan santan instan, tetapi nanti rasanya kurang gurih.
Garam dapur beryodium yang halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
Gula pasir kualitas bagus secukupnya sesuai selera untuk bahan taburan diatasnya atau bisa juga menggunakan parutan keju, coklat atau lainnya.

Cara membuat:

1. Langkah pertama adalah rebus santan yang akan digunakan sampai benar benar mendidih. Jangan lupa sambil diaduk aduk supaya kualitas santan bagus dan tidak pecah nantinya. Setelah matang diamkan sebentar supaya agak dingin baru dicampur dengan bahan lain.
2. Ambil satu wadah cukup besar untuk adonannya dan masukkan tepung beras yang sudah diayak beserta garam dapur beryodium dan kelapa parutnya.
3. Aduk aduk ketiga bahan diatas sampai benar benar tercampur rata.
4. Tuang santan yang sudah direbus terlebih dahulu diatas ke dalam wadah adonan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata. Disarankan untuk mencampurnya dengan menggunakan tangan, tetapi boleh juga menggunakan alat bantu lainnya seperti sendok sayur.
5. Siapkan cetakan kue pancongnya atau bisa juga menggunakan cetakan pukis atau kue apem diatas api dan tunggu sampai panas. Sebelum diberi adonan, teman teman bisa mengolesi cetakannya dengan sedikit minyak atau margarin supaya tidak lengket.
6. Tuang adonan pancongnya ke dalam cetakan secukupnya dan tutup sampai matang.
7. Ulangi sampai semua adonan habis kemudian angkat dan sajikan untuk hidangan cemilan keluarga. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Sambal Tumis Udang Spesial Weekend

Resep Sambal Tumis Udang Spesial Weekend

Jakarta – Akhir pekan seperti saat ini akan lebih sepsial jika ada sajian sambal istimewa. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis