Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Rumor Kunci Jawaban UN Dijual Rp 20 Juta

Beredar Rumor Kunci Jawaban UN Dijual Rp 20 Juta

Jakarta – Pada tanggal 4 sampai 6 April 2016, siswa dan siswi SMA dan MA akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Beberapa hari menjelang penyelenggaraan momen penting tersebut, tersiar kabar yang mengatakan bahwa telah beredar “kunci jawaban” UN yang ditawarkan dengan harga Rp 20 juta.
Beredar Rumor Kunci Jawaban UN Dijual Rp 20 Juta
Bocoran kunci jawaban UN memang merupakan satu persoalan yang selalu menjadi pembahasan hangat setiap tahunnya. Kasus ini terus bermunculan meski pemerintah juga senantiasa melakukan usaha-usaha pencegahan, misalnya dengan memperbanyak jumlah sekolah atau lokasi UN yang berbasis komputer secara penuh (computer based test/CBT).

Dari penelusuran Harian Indo, Sabtu (2/4/2016), informasi mengenai peredaran kunci jawaban UN tersebut salah satunya muncul di Kota Dumai, Riau. Dari kabar yang beredar di kalangan media, kunci jawaban seharga RP 20 juta itu bahkan sudah menyebar lewat pesan singkat alias SMS.

Disebutkan bahwa siswa-siswa yang ingin memiliki kunci jawaban tersebut bakal melakukan patungan sehingga dana Rp 20 juta tersebut bisa terpenuhi dan kunci jawaban UN yang diinginkan akan segera didistribusikan.

Melihat tren negatif ini, Walikota Dumai, Zulkifli AS, berpesan kepada siswa dan orang tua agar tidak mudah terpengaruh.

“Kunci jawaban itu justru membuat siswa tidak percaya diri mengerjakan ujian dengan kemampuannya,” tandasnya.

Sampai berita ini dipublikasikan, belum jelas darimana sumber kunci jawaban UN tersebut, dan apakah hal itu “otentik”, atau hanya merupakan sebuah aksi penipuan. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Desak Pemerintah Papua Maksimalkan Kekayaan Alamnya

Jokowi Desak Pemerintah Papua Maksimalkan Kekayaan Alamnya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau Pemerintah Provinsi Papua untuk memanfaatkan keunggulannya dibanding daerah ...