Home > Ragam Berita > Nasional > Gawat, Bocoran Soal UN 2016 Disebut Telah Beredar Dan Dijual Dengan Harga Murah

Gawat, Bocoran Soal UN 2016 Disebut Telah Beredar Dan Dijual Dengan Harga Murah

Jakarta – Ujian nasional (UN) tingkat SMA dan MA akan segera dilaksanakan pada 4-6 April 2016. Dua hari menjelang UN, ‘kunci jawaban UN’ dikabarkan telah beredar dan dijual dengan harga Rp 20 juta.

Gawat, Bocoran Soal UN 2016 Disebut Telah Beredar Dan Dijual Dengan Harga Murah

Kunci jawaban UN dari tahun ke tahun memang selalu menjadi bahan perbincangan dalam setiap penyelenggaraan UN. Padahal, pemerintah sudah menyiasati peredaran kunci jawaban UN dengan memperbanyak jumlah lokasi UN berbasis komputer (computer based test/CBT).

Salah satu daerah yang dikabarkan mendapatkan kunci jawaban adalah Dumai, Riau. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa keberadaan kunci jawaban UN di Dumai disebar melalui pesan singkat (SMS).

Melalui keterangan resminya Walikota Dumai Zulkifli AS menyampaikan supaya orangtua dan siswa tidak terpengaruh dengan peredaran informasi kunci jawaban itu.

“Kunci jawaban itu justru membuat siswa tidak percaya diri mengerjakan ujian dengan kemampuannya,” katanya.

Di seluruh wilayah Kota Dumai naskah UN 2016 dikirim dalam paket 36 kotak. Soal ujian ini disebar untuk 3.600 lebih siswa. Mereka berasal dari 32 unit sekolah SMA dan sederajat.

Sementara itu muncul kabar peredaran kunci jawaban di Mataram, NTB melalui media sosial. Kunci jawaban ini disebar begitu saja. Tanpa ada transasksi jual-beli.

Hingga kemarin (Jumat, 1/4/2016) belum ada yang memastikan kunci jawaban itu cocok dengan versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau tidak.

Mendikbud Anies Baswedan menegaskan jika peredaran kunci jawaban UN 2016 itu tujuannya adalah untuk mengacaukan konsentrasi parasiswa.

“Seharusnya masa-masa yang semakin dekat ini, siswa tidak boleh gugup. Siswa harus tenang,” katanya di Jakarta kemarin. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Segera Lakukan Pemeriksaan Terhadap Sandiaga

Polisi Bakal Segera Lakukan Pemeriksaan Terhadap Sandiaga

Jakarta – Polisi kemungkinan memeriksa Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno setelah selesai meminta keterangan rekan ...