Home > Ragam Berita > Nasional > 770 Ribu Guru Diterjunkan Untuk Mengawasi Pelaksanaan UN 2016

770 Ribu Guru Diterjunkan Untuk Mengawasi Pelaksanaan UN 2016

Jakarta – Sebanyak 770 ribu pengawas dikerahkan oleh Pemerintah untuk mengawal jalannya Ujian Nasional 2016.

770 Ribu Guru Diterjunkan Untuk Mengawasi Pelaksanaan UN 2016

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam mengatakan, 770 ribu pengawas itu terdiri atas guru dan juga perwakilan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Nizam menambahkan, tidak ada pengamanan dari aparat kepolisian karena pemerintah tidak menginginkan ada suasana mencekam ketika UN 2016 berlangsung.

“Ada 770 ribu pengawas yang kami terjunkan di semua sekolah pada ujian nasional 2016. Tidak ada polisi karena kita tidak ingin siswa takut,” katanya (Senin, 4/4/2016).

Nizam kemudian menerangkan apabila sudah ada prosedur pengawasan yang berisi larangan dan sanksinya. Larangan terberat adalah memberi contekan, membantu menjawab soal dan juga menyebarkan kunci jawaban ataupun mengganti dan mengisi lembar jawaban UN 2016. Bagi pengawas yang kedapatan melanggar aturan tersebut maka dibebastugaskan sebagai pengawas dan dijatuhi sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan. Adapun rasio pengawas kelas adalah 1:10.

Mengenai pengawas dari perguruan tinggi negeri (PTN), Nizam mengungkapkan jika pengawas dari PTN sudah tidak dipakai lagi karena tidak efektif. Daripada pengawas PTN diterjunkan satu di setiap sekolah mereka lebih baik datang ke sekolah untuk inspeksi mendadak. Ataupun terjun langsung ke lapangan apabika terdapat kasus pelanggaran UN 2016 yang ditemukan.

“Karena jarak antara PTN dengan sekolah jauh. Lalu mereka pun masih ada pekerjaan di kampus sehingga tidak bisa meninggalkan kampus lama hanya untuk menjadi pengawas ujian nasional 2016,” tuturnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ojek Bule Ternyata Bukan Driver Resmi Go-Jek

Ojek Bule Ternyata Bukan Driver Resmi Go-Jek

Jakarta – Go-Jek menyatakan bahwa driver ojek bule yang memakai seragam Go-Jek yang beberapa hari ...