Home > Ragam Berita > Nasional > Tim Cyber Polri Siap Untuk Mencegah Adanya Kebocoran Soal UN 2016

Tim Cyber Polri Siap Untuk Mencegah Adanya Kebocoran Soal UN 2016

Demak – Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat SMA sederajat yang digelar 4-7 April diprediksi masih tak lepas dari praktik-praktik kecurangan. Untuk menanggulangi hal tersebut, pihak kepolisian telah melakukan beberapa langkah yakni mulai dari menjaga naskah UN 24 jam penuh, melakukan patroli ke sekolah hingga memantau segala bentuk transaksi di dunia maya.

Tim Cyber Polri Siap Untuk Mencegah Adanya Kebocoran Soal UN 2016

Berdasar pantauan tim Harian Indo, Senin (4/4/2016), untuk menanggulangi segala macam transaksi bocoran soal UN 2016 di dunia maya, Polres Demak ikut menurunkan tim Cyber Polri.

“Kita ada tim TI (teknologi informasi) yang selalu memantau kejahatan di dunia maya. Termasuk dari SMS atau pesan singkat yang berisi kunci jawaban UN atau bocoran soal. Apalagi saat ini kemajuan teknologi sudah sedemikian pesat, sehingga tak menutup kemungkinan perilaku curang dilakukan melalui cyber,” ujar Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo.

Mantan Kasubag Humas Polres Demak tersebut mengungkap bahwa pihaknya telah menyiagakan empat personel yang akan selalu memonitor transaksi di dunia maya. Tim tersebut dibekali perlengkapan canggih untuk memudahkan dalam melacak kecurangan-kecurangan selama Ujian Nasional. Meski transaksi elektronik dilakukan di luar Demak, dengam bantuan alat ini polisi akan lebih mudah dalam melacak keberadaan pelaku.

“Sudah diperingatkan, jangan coba-coba merusak Ujian Nasional dengan perilaku curang. Kita belum bisa menjelaskan detail bagaimana tim dan alat kami bekerja, yang jelas kecurangan-kecurangan di dunia maya akan terpantau,” pungkasnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Wiranto Minta 5.000 Pucuk Senjata Yang Dibeli Dengan APBN Tidak Perlu Diributkan

Wiranto Minta 5.000 Pucuk Senjata Yang Dibeli Dengan APBN Tidak Perlu Diributkan

Jakarta – Terkait polemik pembelian 5.000 pucuk senjata, Menkopolhukam Wiranto menjelaskan bahwa senta-senjata tersebut dibeli ...