Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Benarkah Secangkir Kopi Dapat Mencegah Kanker Usus?

Benarkah Secangkir Kopi Dapat Mencegah Kanker Usus?

Jakarta – Tahukah Anda ada manfaat meinum kopi saat pagi hari? Selain menguntungkan bagi kebugaran otak, kopi pun dapat meminimalkan risiko kanker usus.

Tahukah Anda ada manfaat meinum kopi saat pagi hari? Selain menguntungkan bagi kebugaran otak, kopi pun dapat meminimalkan risiko kanker usus.

Hel tersebut telah diteliti di University of Southern California. Dalam studi tersebut, orang yang minum kopi biasa atau decaf (kopi dengan lebih sedikit kafein) memiliki kecenderungan 26 persen terhindar dari kanker usus atau kolorektal. Hal tersebut didapati pada seseorang minum satu atau dua cangkir. Jika meminum rata-rata 2,5 sajian kopi sehari, risiko dapat diminimalkan hingga 54 persen.

Sebagaimana diberitakan Menshealth pada Rabu (6/4/2016), efek tersebut bisa didapati dalam kopi dengan sedikit kafein. Para peneliti menarik kesimpulan bahwa ada zat lain yang bersifat antikanker di dalam kopi. Yakni, senyawa melanoidin.

Melanoidin pun dipercaya dapat mempercepat dan melancarkan motilitas usus atau kecepatan dalam memproses makanan. Hal tersebut diungkapkan Stephen Gruber MD PhD.

Sementara itu, jika Anda minum kopi setiap hari, jangan lupa melakukan aktivitas yang menyehatkan. Terlibih, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

8 Manfaat Kesehatan dari Menyantap Oatmeal

8 Manfaat Kesehatan dari Menyantap Oatmeal

Jakarta – Jika Anda terbiasa sarapan mengunakan oatmeal, Anda patut merasa lega. Pasalnya, oatmeal adalah ...