Home > Ragam Berita > Nasional > PKS Telah Siapkan Pengganti Fahri Hamzah Sebagai Wakil DPR

PKS Telah Siapkan Pengganti Fahri Hamzah Sebagai Wakil DPR

Jakarta – Siapakah sosok yang disiapkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menggantikan Fahri Hamzah yang baru saja diberhentikan?

PKS Telah Siapkan Pengganti Fahri Hamzah Sebagai Wakil DPR

“Tentu yang mendapatkan perolehan suara terbanyak nomor dua di PKS setelah Fahri di daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata Ketua DPP PKS Zainudin Paru, Rabu (6/5/2016).

Sayangnya Zainudin tidak bersedia menyebutkan nama spesifik dari calon pengganti Fahri itu. Namun, Zainudin menegaskan jika semua proses penggantian tergantung dari hasil verifikasi KPU.

“Itu urusan KPU. Karena dia yang lebih tahu,” tukas dia.

Yang jelas, kata Zainudin, pihaknya telah melayangkan surat pemecatan dan surat pengusulan pemberhentian antarwaktu (PAW) Fahri ke pimpinan DPR dan tembusan ke Presiden RI.

Surat itu pun tersebut akan diproses oleh pimpinan DPR dan pimpinan DPR akan melayangkan surat ke Komisi Pemilihan Umum terkait pemberhentian Fahri dan permintaan nama calon pengganti Fahri.

Dari sanalah, KPU akan mengirimkan nama yang lolos verifikasi kepada pimpinan DPR sebagai pengganti Fahri, paling lama lima hari sejak diterimanya surat Pimpinan DPR.

Proses selanjutnya yaitu DPR mengirimkan nama Fahri dan calon pengganti Fahri ke Presiden untuk mendapatkan peresmian pemberhentian Fahri dan pengangkatan nama penggantinya dengan Keputusan Presiden.

Adapun pengganti dari Fahri di posisi Wakil Ketua DPR, Zainudin mengatakan semua anggota Fraksi PKS DPR periode 2014-2019 berpeluang menggantikan Fahri. Santer disebut nama Al Muzammil Yusuf yang potensial menggantikan posisi Fahri.

“Kalau itu, saya belum dapat infonya,” tandas dia.

x

Check Also

KPK Imbau Polisi Segera Usut Tuntas Kasus Penyerangan Novel Baswedan

KPK Imbau Polisi Segera Usut Tuntas Kasus Penyerangan Novel Baswedan

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta keseriusan kepolisian mengusut kasus penyiraman terhadap penyidiknya Novel ...