Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Ingin Pembangunan Pelabuhan Terus Dikerjakan

Jokowi Ingin Pembangunan Pelabuhan Terus Dikerjakan

Jakarta – Agar dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di seluruh Indonesia, Presiden Joko Widodo mengungkap keinginannya untuk terus mengerjakan proyek pengadaan pelabuhan.

Jokowi Ingin Pembangunan Pelabuhan Terus Dikerjakan

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Kamis (7/4/2016), pelabuhan dipilih karena dinilai lebih efisien ketimbang membangun bandar udara. Dengan jalur laut, konektivitas antar pulau provinsi kabupaten masih dapat terjamah.

“Kenapa laut? Agar dapat menghubungkan antarpulau provinsi kabupaten, kita ingin dari Tobelo mau ke Aceh bisa, inilah Indonesia. Kalau enggak ada kapalnya lewat mana,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan pelabuhan di kawasan Indonesia Timur yang terpusat di Pelabuhan Tobelo, Rabu (6/4) kemarin.

Jokowi menjelaskan bahwa tahun lalu setidaknya sudah tersedia tiga rute tol laut, yang dapat dilewati kapal dengan jadwal reguler. Tahun ini rute tol laut akan ditambah, termasuk yang akan melintasi Pelabuhan Tobelo yang baru saja diresmikan kemarin.

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17 ribu pulau, maka menjadi hal yang krusial untuk dapat meningkatkan konektivitas antar pulau, terutama melalui jalur laut.

“Dua pertiga wilayah Indonesia adalah air, sepertiga adalah daratan. Konsentrasi kita adalah air karena kita adalah kepulauan,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Jakarta – Permasalahan hukum yang tengah membelit Pimpinan Forum Pembela Islam (FPI) Rizieq‎ Syihab diharapkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis