Jakarta – Agar dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di seluruh Indonesia, Presiden Joko Widodo mengungkap keinginannya untuk terus mengerjakan proyek pengadaan pelabuhan.

Jokowi Ingin Pembangunan Pelabuhan Terus Dikerjakan

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Kamis (7/4/2016), pelabuhan dipilih karena dinilai lebih efisien ketimbang membangun bandar udara. Dengan jalur laut, konektivitas antar pulau provinsi kabupaten masih dapat terjamah.

“Kenapa laut? Agar dapat menghubungkan antarpulau provinsi kabupaten, kita ingin dari Tobelo mau ke Aceh bisa, inilah Indonesia. Kalau enggak ada kapalnya lewat mana,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan pelabuhan di kawasan Indonesia Timur yang terpusat di Pelabuhan Tobelo, Rabu (6/4) kemarin.

Jokowi menjelaskan bahwa tahun lalu setidaknya sudah tersedia tiga rute tol laut, yang dapat dilewati kapal dengan jadwal reguler. Tahun ini rute tol laut akan ditambah, termasuk yang akan melintasi Pelabuhan Tobelo yang baru saja diresmikan kemarin.

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17 ribu pulau, maka menjadi hal yang krusial untuk dapat meningkatkan konektivitas antar pulau, terutama melalui jalur laut.

“Dua pertiga wilayah Indonesia adalah air, sepertiga adalah daratan. Konsentrasi kita adalah air karena kita adalah kepulauan,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)