Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Terjadi Insiden, Penggunaan Injeksi Bupivacain Spinal Dihentikan Sementara

Terjadi Insiden, Penggunaan Injeksi Bupivacain Spinal Dihentikan Sementara

Jakarta – Kementerian Kesehatan RI dikabarkan telah mengirim surat edaran kepada Perhimpunan Dokter Anestesi dan Tindakan Intensif (Perdatin) teerkait anjuran untuk menghentikan sementara penggunaan injeksi Bupivacain Spinal.

Terjadi Insiden, Penggunaan Injeksi Bupivacain Spinal Dihentikan Sementara

Berdasar pengamatan tim Harian Indo, Jumat (8/4/2016), surat edaran ini tidak terlepas dari terjadinya insiden pasca pemberian injeksi Bupivacain Spinal untuk operasi yang sempat membuat heboh belum lama ini.

“Bukan penarikan, tapi anjuran penghentian sementara penggunaan produk bupivacain spinal generik buatan Bernofarm,” jelas Ketua Umum Perdatin, dr Andi Wahyuni Attas, SpAn.

Pihak Perdatin sendiri telah menggelar rapat untuk menentukan langkah selanjutnya sebelum meneruskan surat edaran ke seluruh anggota, menanggapi surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI tersebut.

Sebelumnya pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan pengecekan terkait insiden pasca penggunaan produk Bupivacain Spinal pada pasien melahirkan. Namun BPOM belum mengumpulkan data yang cukup untuk mengambil langkah konkrit. Jadi untuk sementara hanya menganjurkan untuk menghentikan sementara penggunaan produk injeksi Bupivacain Spinal. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...