Home > Ragam Berita > Nasional > Hebat, Tim Sains Siswa Madrasah Berhasil Membuat Baterai Mengkudu

Hebat, Tim Sains Siswa Madrasah Berhasil Membuat Baterai Mengkudu

Bengkulu – Beberapa orang mengenal mengkudu atau pace sebagai obat herbal. Kasiatnya mencegah dan membunuh berbagai penyakit secara alami.

Hebat, Tim Sains Siswa Madrasah Berhasil Membuat Baterai Mengkudu

Namun, siswa Madrasah Ibtidaiah (MI) Desa Kalisidi, Ungaran, Kabupaten Semarang, ini menyulap buah itu menjadi sumber energi alternatif. Namanya adalah baterai mengkudu.

Karena di desanya banyak mengkudu, empat siswa kelas V dan kelas VI berusaha menjadikan buah tersebut lebih bernilai. Menurut mereka, bahan membuat baterai mengkudu sangat murah.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama, cangkang baterai bekas dibuka, kemudian bagian ujung kutub positifnya dipotong. Batang karbon tersebt dipakai sebagai anoda atau kutub positif baterai serta lapisan seng sebagai katoda menjadi kutub negatif baterai. Pasta sebagai elektrolit yang memisahkan katoda dan anoda dihilangkan dan diganti mengkudu.

Kemudian, parut mengkudu hingga halus dan masukkan ke dalam tabung baterai bekas. Tutup kembali cangkang baterai, rekatkan dengan isolasi.

”Buah mengkudu berfungsi penghantar antara anoda dan katoda,” kata Ahmad Ulinuha, 12, siswa kelas VI MI Kalisidi.

Baterai tersebut pun sudah dicoba di jam dinding di sekolah. Hasilnya, jam tersebut bertahan selama empat jam.

Sementara itu, kreativitas para siswa tersebut tidak terlepas dari bimbingan para guru pendamping. Salah seorang guru pembimbing di MI Kalisidi Maria Ulfa menjelaskan bahwa, pembelajaran inovasi bertujuan merangsang kreativitas para siswa dengan memakai sumber daya di sekeliling. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Minta KPK Depak Juru Bicaranya

Fadli Zon Minta KPK Depak Juru Bicaranya

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Fadli Zon meminta Komisi Pemberantasan Korupsi ...