Home > Teknologi > NVIDIA Umumkan GPU Pascal Pertama

NVIDIA Umumkan GPU Pascal Pertama

San Jose – Setelah sempat digaungkan sejak beberapa waktu lalu, akhirnya NVIDIA secara resmi mengumumkan GPU dengan arsitektur terbaru mereka, Pascal. Menurut laporan Techspot, Kamis (7/4/2016), NVIDIA mengumukan hal tersebut di tengah konferensi GPU Technology Conference 2016, yang berlangsung di San Jose, Amerika Serikat. Namun, GPU tersebut bukan ditujukan untuk graphic card desktop maupun notebook, melainkan untuk melakukan proses di data center, yaitu Tesla P100.

NVIDIA Umumkan GPU Pascal Pertama

Tesla P100 ini menggunakan desain Chip-on-Wafer-on-Substate (CoWoS) dan dibekali dengan memori HBM2 dengan kapasitas 16 GB. Hal tersebut diklaim memberikan performa memori yang 3x lebih baik jika dibandingkan dengan Tesla yang berbasis Maxwell. Tesla P100 dapat memberikan kemampuan single precision compute hingga 10.6 TFLOPS atau dual precision compute hingga 5.3 TFLOPS.

Board Tesla P100 menggunakan desain khusus, sehingga tidak lagi menyerupai graphic card biasa. Desain ini membuatnya dikoneksikan langsung dengan board sejenis menggunakan NVLink, yang menyediakan bandwidth 160 GB/s. Namun Tesla P100 tetap dilengkapi dengan konektor PCIe x16 standar.

Tesla P100 sudah mulai diproduksi NVIDIA dan akan didistribusikan terlebih dahulu oleh NVIDIA untuk proyek supercomputer. Setelah itu, GPU ini baru akan tersedia untuk OEM pada awal tahun 2017 mendatang. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Resep Udang Goreng Cabe Hijau Nikmat

Resep Udang Goreng Cabe Hijau Nikmat

Jakarta – Apabila Anda merupakan penggemar sajian udang goreng, cobalah membuat menu yang satu ini. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis