Home > Teknologi > Awas, Ransomware Sudah Muncul di Indonesia

Awas, Ransomware Sudah Muncul di Indonesia

Jakarta – Ransomware adalah malware yang mengunci suatu sistem dengan tujuan meminta tebusan kepada korban yang komputernya terinfeksi. Baru-baru ini telah dilaporkan bahwa telah muncul ransomware yang berasal dari Indonesia, yaitu Kimcilware. Malware tersebut telah banyak menyebar dan menimbulkan masalah.

Awas, Ransomware Sudah Muncul di Indonesia

Seperti yang dilaporkan ESET (Sabtu, 9/4/2016), Kimcilware mengincar situs-situs yang menggunakan Magento, yaitu suatu sistem e-commerce, yang berarti mereka mengincar situs-situs belanja online atau sejenisnya sebagai sasaran utama. Website yang terinfeksi mendapati situs mereka terkunci dengan enkripsi Rijndael 256. Untuk membuka enskripsi tersebut, hacker meminta uang tebusan dengan jumlah tergantung dari varian yang menginfeksi mereka. Kimcilware dikabarkan juga berpotensi mencuri data yang terdapat di server.

Kimcilware merupakan varian Ransomware yang berasal dari Hidden Tear. Hidden Tear sendiri adalah Ransomware yang sudah diabaikan karena memiliki masalah koneksi server Command & Control. Namun pengembangnya membagikan secara gratis untuk keperluan edukasi.

Pengembang Kimcilware diduga berhasil mendapat source code dari hidden tear dan memperbaiki kelemahannya, sehingga mereka mampu membuat varian Ransomware baru yang lebih baik.

x

Check Also

Video Kampret Durhaka Grup Qasidah Putri Mendadak Heboh di Sosmed

Video Kampret Durhaka Grup Qasidah Putri Mendadak Heboh di Sosmed

Jakarta – Sebuah video grup qasidah putri telah membuat geger dunia maya dan membuat netizen ...