Home > Ragam Berita > Ekonomi > Mulai 2017 Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut Secara Bertahap

Mulai 2017 Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut Secara Bertahap

Jakarta – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana untuk mengurangi subsidi bagi Liquid Petroleum Gas (LPG) alias elpiji secara bertahap mulai tahun 2017.

Mulai 2017 Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut Secara Bertahap

PT Pertamina (Persero) pun siap untuk melaksanakan kebujakan tersebut. Subsidi yang selama ini diberikan adalah untuk ukuran 3 kilogram (kg). Setelah dicabut nanti, maka harganya akan sama dengan keekonomian.

Lalu bagaimana tanggapan para pedagang mengenai rencana ini? Berikut komentar dari salah satu agen elpiji 3 kg di kawasan Pondok Gede. Pedagang tersebut mengaku terejut dengan rencana pencabutan subsidi tersebut.

“Belum dengar ya, malah baru dengar hari ini (subsidi elpiji 3 kg akan dicabut), ya kaget lah,” kata Riyanti, salah satu agen gas elpiji 3 kg, di Jatiwaringin, Bekasi, Sabtu (9/4/2016).

Pemerintah akan membahas penghapusan subsidi elpiji mulai tahun depan. Alasan dari pemberhentian subsidi elpiji 3 kg adalah pemerintah telah membangun jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di berbagai kota. Dengan begitu, masyarakat mulai beralih dari LPG ke gas bumi.

Apabila disetujui DPR, maka subsidi BBM akan dialihkan untuk pengembangan jaringan gas (jargas) kota. Pertamina sendiri, saat ini juga tegah mengembangkan infrastruktur jargas. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Pecat Ratusan Karyawannya, Perusahaan Milik Hary Tanoe Belum Pastikan Pembayaran Pesangon

Pecat Ratusan Karyawannya, Perusahaan Milik Hary Tanoe Belum Pastikan Pembayaran Pesangon

Jakarta – PT Media Nusantara Informasi (MNI) hingga kini belum bisa memastikan soal pembayaran pesangon ...