Home > Gaya Hidup > Tips > 7 Langkah Tingkatkan Kecerdasan Emosional Agar Anda Cantik Alami

7 Langkah Tingkatkan Kecerdasan Emosional Agar Anda Cantik Alami

Jakarta – Saat membicarakan mengenai kecerdasan, hal pertama yang terlintas di pikiran pasti adalah hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan otak atau lebih sering dikenal dengan IQ.

7 Langkah Tingkatkan Kecerdasan Emosional Agar Anda Cantik Alami

Namun sebenarnya ada satu lagi tipe kecerdasan yang sama pentingnya dengan IQ, yaitu kecerdasan emosional atau EQ.

Kecerdasan EQ tidak bisa Anda pelajari dari sekolah, padahal EQ adalah kunci utama bagaimana kamu bisa membangun relasi atau hubungan sosial yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Berikut kami hadirkan 7 tips agar Anda bisa meningkatkan kecerdasan emosional seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

Sering berinteraksi

Sering-seringlah berinteraksi dengan banyak orang dalam keseharianmu, bahkan jika kamu introvert. Daripada mendengarkan musik, mengetik pesan dan sibuk dengan gadget, ngobrol lah dengan orang di sekitarmu tentang apa saja. Menciptakan interaksi kecil yang nyata (bukan dunia maya), akan menciptakan koneksi yang membantumu lebih terbuka pada orang lain.

Buat jurnal

Kamu mungkin akan takjub betapa pentingnya menulis diary berhubungan erat dengan kecerdasan emosionalmu. Secara tak langsung orang yang menulis diary akan mempelajari tentang dirinya sendiri dan orang lain. Orang yang bisa mengenali seperti apa dirinya akan mampu bertoleransi dan menempatkan diri saat bersama orang lain.

Menolong sesama

Manusia adalah makhluk sosial. Menolong sesama sebenarnya adalah panggilan alami dari dalam dirimu sendiri. Menolong orang lain bisa membuatmu terhubung dengan orang lain lebih baik karena kamu melatih perasan empati dan perhatian terhadap orang di sekitarmu.

Apa adanya

Ketika kamu bersikap apa adanya dan tak sibuk dengan urusanmu sendiri, dan lebih memperhatikan sekitarmu, sebenarnya kamu akan belajar banyak hal. Kamu jadi sensitif dan peka terhadap sikap atau gelagat orang lain, entah itu dalam hal baik maupun buruk. Kamu jadi lebih bisa menilai seperti apa orang di sekitarmu dari setiap bahasa tubuh mereka.

Tarik nafas, hembuskan

Santailah sedikit. Tak semua hal dalam hidup harus dihadapi dengan serius dan sikap kaku. Kamu memang tak bisa menghindari apa yang kamu rasakan, tapi kamu tak harus selalu menunjukkannya di depan umum. Kamu perlu belajar bagaimana mengendalikan emosi. Dari sinilah kamu belajar bersikap dewasa.

Waktu menyendiri

Selalu luangkan waktu untuk sendiri. Beri waktu untuk dirimu sendiri instrospeksi, memproses pikiran dan emosi sebelum menyimpulkan sesuatu. Dengan begini kamu akan lebih mantap dengan pikiran dan emosimu. Di sinilah kamu membantu unggul dalam EQ.

Jadilah pendengar

Kamu tak harus selalu berada di tengah, menjadi pusat perhatian, dan mengambil alih pembicaraan. Karena itu seringkali justru menyebalkan. Kamu juga perlu jadi pendengar yang baik. Dengan mendengarkan cerita dari berbagai sumber, kamu jadi lebih paham, baik itu orang lain maupun diri sendiri. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Tip Melenyapkan Stres dengan Waktu Singkat

Inilah Beberapa Tip Melenyapkan Stres dengan Waktu Singkat

Jakarta – Stres adalah musuh terbesar setiap orang. Rasa tertekan akan mampu membuat pikiran dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis