Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Cara Menghilangkan Stress Menggunakan Hewan Peliharaan

4 Cara Menghilangkan Stress Menggunakan Hewan Peliharaan

Jakarta – Bukan sekedar menjadi teman di rumah, hewan-hewan peliharan seperti kucing, ular, iguana, anjing, dan lain-lain ternyata efektif sekali menjaga mood Anda.

4 Cara Menghilangkan Stress Menggunakan Hewan Peliharaan

Mereka bisa jadi teman terbaik penghilang stress. Inilah empat cara yang bisa mereka lakukan untuk Anda seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

Turunkan hormon stres

Ketika kamu mengelus bulu kucing atau anjingmu, bukan hanya mereka yang jadi tenang, tapi kamu pun juga jadi lebih santai. Tanpa kamu sadari kamu sudah menurunkan kadar stres berupa hormon kortisol dalam tubuh. Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan tingkatkan hormon anti-stress, oksitosin.

Turunkan tekanan darah

Bercanda dengan hewan peliharaan juga efektif menurunkan tekanan darah karena membuatmu merasa rileks, tenang dan bernafas lebih teratur sehingga detak jantung juga lebih teratur dan santai. Apalagi dibantu dengan pelepasan hormon bahagia dari otak.

Membuatmu melupakan masalah

Ketika kamu sedang bingung atau susah karena masalah, hewan peliharaan bisa membuatmu merasa lebih positif. Bukan hanya melepas stres, hewan peliharaan membantu membuatmu lebih termotivasi karena mereka biasanya setia menemani.

Terapi untuk hatimu

Sakit hati, kecewa atau sedih pasti membuatmu memiliki perasaan negatif. Ajaibnya, hewan peliharaanmu bisa menyembuhkan penyakit hati yang ada di dalam pikiranmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah melepaskan beban itu. Hewan peliharaan yang setia bisa membantu melepas perasaan negatif dan membantu masa penyembuhan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

London – Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat smartphone mereka di Inggris, yakni menjadi 150 ...