Home > Gaya Hidup > Tips > 6 Manfaat Bergandengan Tangan Bagi Tubuh dan Jiwa Anda

6 Manfaat Bergandengan Tangan Bagi Tubuh dan Jiwa Anda

Jakarta – Secara ilmiah, bersentuhan fisik dengan orang yang dekat dengan kita ternyata memiliki manfaat yang mengejutkan bagi tubuh dan jiwa. Bersentuhan secara fisik di sini adalah seperti memeluk, mencium atau memegang tangan.

6 Manfaat Bergandengan Tangan Bagi Tubuh dan Jiwa Anda

Berikut manfaat-manfaat dari berpegangan tangan seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

Pelepas stres

Kulit tangan adalah bagian yang sensitif terhadap sentuhan, ketika mendapat sentuhan dari tangan lain, aliran darah meningkat dan jantung berdetak lebih teratur. Menggenggam tangan seseorang yang dekat denganmu bisa menurunkan tingkat stres dalam tubuh, menurunkan kadar hormon kortison. Berpegangan tangan bisa membuatmu lebih tenang dan lega secara fisik dan mental.

Melejitkan rasa cinta dan ikatan sayang

Jika kamu menggenggam tangan orang yang kamu cintai, hormon oksitosin atau disebut juga hormon cinta akan meningkat di dalam tubuh. Kamu jadi lebih bahagia dan merasa nyaman. Berpegangan tangan dengan pasangan bukan hanya bisa membuat kamu bahagia, tapi juga memperkuat ikatan cinta di antara kalian berdua.

Baik untuk jantung

Meski jantung akan berdetak kencang saat kamu menggenggam tangan orang yang kamu sukai, bukan berarti itu buruk. Justru ini sangat baik, karena ada banyak hormon kebahagiaan yang dilepaskan oleh otak dan ini membantu menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah turun, kerja jantung juga lebih ringan. Jantung akan lebih sehat dan kuat.

Meredakan rasa sakit

Jika hatimu mungkin tersakiti saat ini atau mungkin kamu baru jatuh dari sepeda motor dan sekarang sedang berada di rumah sakit, maka berpegangan tangan lah dengan seseorang yang dekat denganmu. Karena hormon kebahagiaan dan cinta diproduksi lebih banyak, ternyata hal ini juga bisa menutupi rasa sakit. Bisa jadi pereda rasa sakit alami.

Mengusir rasa takut dan cemas

Pernah sangat takut dan cemas menghadapi sesuatu? Kamu akan lebih berani dan yakin ketika ada seseorang yang menggenggam tanganmu, percaya deh. Ini karena sentuhan tangan bisa membuatmu lebih rileks, karena tingkat stres berkurang. Seringkali, secara intuitif wanita akan menggenggam tangan orang di sekitarnya untuk meredakan rasa takut.

Membuatmu merasa aman dan nyaman

Banyak orang berpegangan tangan dengan pasangannya karena menginginkan rasa nyaman dan aman. Hal ini bahkan berlaku bukan hanya untuk wanita, tapi juga untuk pria. Bukan karena apa-apa, berpegangan tangan bisa membuatmu lebih lengkap saja. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Jakarta – Pada dasarnya, Anda tidak anjurkan untuk memecahkan jerawat di wajah Anda, apalagi jerawat ...