Home > Gaya Hidup > Tips > Berikut Cara Aman Menggunakan Essential Oil

Berikut Cara Aman Menggunakan Essential Oil

Jakarta – Berbagai macam metode pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan alami selama ini memang dikenal sangat ampuh dalam mengobati beragam jenis penyakit tanpa disertai efek samping yang biasanya didapatkan dari bahan-bahan kimiawi.

Berikut Cara Aman Menggunakan Essential Oil

Salah satu yang sering digunakan sebagai pengobatan herbal adalah essential oil. Mulai dari lavender, eucalyptus, rosemary hingga lemon. Namun, meski terbuat dari bahan alami. Penggunaannya juga tidak bisa sembarangan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam terapi essential oil seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

Essential Oil Bukanlah ‘Minyak’

Essential oil tak mengandung asam lemak seperti yang terkandung dalam minyak, meskipun ada kata “oil” pada namanya.
Essential Oil Sebenarnya Adalah …
Konsentrat tumbuhan yang digunakan untuk kebutuhan kosmetik dan medis.

Amankah Dioleskan Ke Kulit?

Beberapa essential oil memang tidak diperuntukkan untuk dioleskan ke kulit langsung. Melainkan harus dicampur dengan minyak, wax, butter ataupun alkohol. Karena sifatnya yang konsentrat, jika tidak dicampurkan bahan lain, bisa jadi kulit akan iritasi.

Amankah Untuk Anak-Anak Dan Bayi?

Anak-anak dan bayi punya kulit yang lebih sensitif dan tipis daripada orang dewasa. Gunakan 1/2 resep dari yang disarankan dan hindari mengaplikasikan langsung essential oil ke kulit bayi dan anak.

Bagaimana Mengecek Keamanan Essential Oil di Kulit?

Campurkan satu tetes essential oil dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun atau minyak jojoba. Gosokkan pada bagian dalam lengan dan tunggu beberapa saat. Jika terdapat ruam kemerahan atau gatal, artinya kulit mengalami alergi terhadap essential oil tersebut. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Dekorasi Rumah Kekinian dengan Nuansa Navy

Dekorasi Rumah Kekinian dengan Nuansa Navy

Jakarta – Konsep dekorasi rumah minimalis biasanya erat dengan warna-warna netral, seperti hitam, abu-abu, dan ...