Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Benarkah Kurang Tidur Bikin Seseorang Gemuk?

Benarkah Kurang Tidur Bikin Seseorang Gemuk?

Jakarta – Tubuh setiap orang memiliki kemampuan berbeda untuk membakar kalori. Namun, dengan banyak bergerak dan tidur yang cukup, hal tersebut dapat ditingkatkan. Namun, terlalu banyak diam dan kelelahan atau kurang tidur dapat mengacaukan metabolisme seseorang.

Benarkah Kurang Tidur Bikin Seseorang Gemuk?

Berdasar penelitian dalam jurnal Obesity, tidur hanya beberapa jam semalam lima hari berturut-turut bakal menurunkan metabolisme basal (jumlah kalori dalam tubuh yang dibakar saat istirahat) sampai 3 persen.

Namun, menurut peneliti, alasan tersebut belum benar-benar jelas. Namun, hal tersebut mungkin besar terjadi karena homeostasis. Yakni, mekanisme tubuh untuk menjaga keseimbangan sistem.

Sebagaimana diberitakan Menshealth pada Senin (11/4/2016), kondisi tersebut bakal membikin Anda banyak memakan makanan berkalori tinggi. Bahkan, orang yang tidak tidur cukup bisa da[at mengonsumsi 500 kalori lebih banyak pada esoknya. Selain itu, kurang tidur membuat Anda lapar dan menumpulkan hormon yang membuat kenyang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Tiga Penyebab Utama Kematian Akibat Difteri

Ini Tiga Penyebab Utama Kematian Akibat Difteri

Jakarta – Pemerintah melalui program ORI (outbreak response immunization) saat ini sedang bekerja keras untuk ...