Home > Gaya Hidup > Tips > 10 Cara Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut

10 Cara Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut

Jakarta – Doris J. Day, seorang dermatologist mengungkapkan jika seiring pertambahan usia, ketebalan rambut dan akar rambut mulai menipis, sehingga memicu rambut rontok yang parah.

10 Cara Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut

Oleh karena itu Anda harus mewaspadai longgarnya ikatan rambut yang bisa jadi menjadi penanda apabila rambut mulai tipis. Berikut juga kami lampirkan cara efektif untuk melawan kerontoka rambut seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

1. Mengganti Menu Makanan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, termasuk rambut. Sebagai cara merawat rambut rontok, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengubah diet dengan memasukkan makanan atau minuman yang kaya akan protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12. Nutrisi yang didapat dari daging, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan dapat memperkuat rambutmu.

2. Rajin Memijat Kulit Kepala

Cara merawat rambut rontok yang satu ini dapat kamu lakukan saat mencuci rambut. Hemat waktu, praktis, dan tentunya efektif mengatasi rambut rontok parah. Cukup lakukan pemijatan dengan lembut di bawah shower, yang akan meningkatkan peredaran darah di kulit kepala. Tidak hanya menunjang pertumbuhan rambut, tapi juga membantu penyerapan nutrisi yang terkandung dalam shampoo untuk rambut rontok.

3. Minimalkan Alat Penata Rambut

Faktor yang satu ini mungkin tanpa sadar kamu lakukan, sehingga menjadi penyebab rambut rontok. Penggunaan hair dryer dan iron, apalagi untuk rambut yang diwarnai, akan menyebabkan rambut rontok parah dan menipis. Jadi kurangi pemakaian alat-alat penata rambut dan biarkan rambut indahmu tergerai alami.

4. Tambah Suplemen Makanan

Rendahnya asupan nutrisi makanan sebagai penyebab rambut rontok dapat terjadi karena beberapa hal. Mulai dari kondisi penyakit tertentu, sedang menjalani program diet, atau alergi. Gunakan suplemen makanan sebagai salah satu cara mengurangi rambut rontok. Pastikan memilih produk yang kaya akan zat besi, vitamin, dan protein ya.

5. Perawatan Rambut Rontok dengan Laser

Terganggu dengan masalah rambut rontok parah? Siapkan dana untuk perawatan rambut rontok, dengan memilih perawatan laser. Cara ini akan mengurangi peradangan di folikel rambut, penyebab rambut rontok berlebihan, yang juga menghambat regenerasi. Menurut penelitian, dibutuhkan 26 minggu, 2 kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Bebas dari Stres

Just breathe. Walau terdengar sepele, stres dapat mempengaruhi kondisi rambut, membuatnya makin menipis dan memicu rambut rontok parah. Lakukan meditasi dan mintalah dukungan dari orang-orang di sekitarmu untuk melepaskan diri dari stres.

7. Bantuan Hormon

Hormon tubuh juga dapat menjadi penyebab rambut rontok berlebihan. Biasanya hal ini akan terjadi saat tubuh mengalami perubahan fungsi tubuh yang signifikan, seperti rambut rontok setelah melahirkan, mengonsumsi pil KB, atau memasuki fase menopause. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan perawatan rambut rontok yang tepat ya.

8. Suntikan Cortisone

Beauty is pain, right? Jika ingin bebas dari siksaan rambut rontok parah, kamu bisa mencoba datang ke dokter kulit untuk mendapatkan suntikan cortisone di kulit kepala. Biasanya terapi ini juga dipilih oleh penderita radang di kulit kepala. Walau terasa sedikit sakit, cara ini efektif menghambat aktivitas hormon penyebab rambut rontok.

9. Pengobatan Rambut Rontok Cara Tradisional

Ada beberapa orang yang lebih mempercayai pengobatan tradisional, yang menggunakan bahan-bahan dan cara alami, ketimbang mengonsumsi obat kimia. Maureen Conant, praktisi dari Full Bloom Acupuncture di Seattle menyarankan untuk melakukan akupresur dan mengonsumsi minuman herbal, untuk menghentikan rambut rontok parah.

10. Konsultasi pada Dokter

Apabila sudah mencoba berbagai cara dan masih belum menemukan cara mengatasi rambut rontok dengan tepat, ini saatnya untuk menemui dokter. Bisa jadi ini merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang lebih serius. Mulai dari ketidakseimbangan hormon, ketidaknormalan kalenjar tiroid, anemia, dan lupus. Periksakan pada dokter untuk mendapatkan jawaban yang selama ini kamu cari. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Agen Intelijen Membedakan Seseorang Berbohong atau Tidak

Begini Cara Agen Intelijen Membedakan Seseorang Berbohong atau Tidak

Jakarta – Banyak orang mengatakan bahwa kejujuran dan kebohongan kini sulit untuk dibedakan. Namun apakah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis