Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 10 Fakta yang Tidak Anda Ketahui Tentang Ketombe

10 Fakta yang Tidak Anda Ketahui Tentang Ketombe

Jakarta – Ketomber merupakan permasalahan rambut yang kerap menghantui kaum hawa. Penumpukan sel kulit kepala ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari salah penggunaan produk hingga kurang asupan makanan.

10 Fakta yang Tidak Anda Ketahui Tentang Ketombe

Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda mengetahui fakta-fakta tersembunyi terkait permasalahan ketombe yang membandel seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

1. Penyebab Ketombe

Siapa sangka jika serpihan sel kulit mati tersebut disebabkan oleh jamur yang ada pada kulit kepala. Jumlah jamur yang melebihi angka normal merupakan salah satu penyebab ketombe. Maka dari itu, agar jumlah jamur tidak melebihi dari batas, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Misalnya saja dengan berkeramas secara rutin.

2. Keramas Mampu Menghilangkan Ketombe

Cara mencegah ketombe yang praktis dan mudah untuk dilakukan adalah berkeramas. Berkeramas secara rutin dapat menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Dengan begitu, tidak ada kotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala. Kondisi tersebut tentu saja akan menghindarkanmu dari jamur ataupun debu penyebab ketombe.

3. Shampo Anti Ketombe Terbaik

Shampo anti ketombe merupakan salah satu solusi untuk mengatasi ketombe secara praktis. Agar hasilnya lebih optimal, gunakan produk shampo anti ketombe yang mengandung bahan selenium sulfide dan zinc pyrithione. Kedua bahan tersebut merupakan zat yang berperan menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala dan rambut.

4. Ketombe Bisa Hilang dengan Mengurangi Stres

Padatnya rutinitas kerap menimbulkan stres. Kondisi tersebut rupanya membuat tubuh rentan terkena sejumlah masalah. Salah satunya adalah rambut berketombe. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu sekadar merelaksasi tubuh dan pikiran. Berkunjung ke beberapa destinasi wisata atau sekadar melakukan hobi di akhir pekan bisa menjadi solusinya.

5. Sinar Matahari Mampu Mencegah Ketombe

Membiarkan rambut dan kulit kepala selama beberapa menit ternyata dapat menjadi salah satu cara mencegah ketombe. Sinar matahari dapat menstimulasi produksi vitamin E yang menjaga kesehatan kulit kepala. Namun, jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk berjemur agar tidak terkena radiasi UV. Oleskan sun protector juga agar rambut dan kulit kepala tidak terbakar.

6. Makanan Bergizi Mengatasi Masalah Ketombe

Menyantap makanan bergizi yang mengandung vitamin B, zinc dan minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Beberapa penganan yang memiliki kandungan tersebut seperti brokoli, bayam, daging sapi, udang, dan kacang panggang. Ketiga jenis bahan itu dapat membantu sel kulit kepala. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih sehat dan terhindar dari masalah rambut berketombe.

7. Berolahraga Secara Teratur Bikin Rambut Bebas Ketombe

Berolahraga secara teratur dapat melancarkan peredaran darah dan menjadikan tubuh sehat. Hal tersebut juga mampu membawa lebih banyak oksigen pada kulit kepala. Hal ini menjadikan rambut tetap lembap dan terhindar dari masalah rambut berketombe. Meluangkan sedikit waktu untuk berlari mengelilingi kompleks bisa menjadi solusi praktisnya.

8. Redakan Ketombe dengan Bahan Alami

Gatal-gatal yang disebabkan oleh ketombe memang membuat diri merasa tidak nyaman. Untuk meredakannya, pulaskan minyak alami secara berkala. Misalnya saja minyak zaitun, rosemary oil atau pun minyak kelapa. Kandungan bahan di dalamnya juga ampuh dalam menutrisi kulit kepala. Dengan begitu, sel kulit kepala tetap lembap dan terhindar masalah kulit kepala kering yang kerap menjadi penyebab ketombe. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

Jakarta – Osteoporosis atau keropos tulang merupakan penyakit yang banyakan terjadi pada orang lanjut usia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis