Home > Gaya Hidup > Tips > 10 Rahasia Menghilangkan Kutu Rambut di Kulit Kepala Si Kecil

10 Rahasia Menghilangkan Kutu Rambut di Kulit Kepala Si Kecil

Jakarta – Kutu rambut memang bisa menjadi pengganggu yang sangat menyebalkan di kulit kepala si kecil.

10 Rahasia Menghilangkan Kutu Rambut di Kulit Kepala Si Kecil

Untuk menghilangkan kutu rambut, tidak hanya bisa dilakukan dengan mengaplikasikan obat kutu rambut saja. Imbangi juga dengan sejumlah perawatan berikut ini seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

1. Gunakan Pediculicide

Salah satu bahan yang ampuh dalam menghilangkan kutu rambut adalah pediculicide. Bahan kimia tersebut memang dibuat khusus untuk mengatasi kutu rambut. Namun, penggunaannya tidak boleh sembarangan. Pediculicide tidak disarankan bagi yang memiliki alergi. Selain itu, pengaplikasiannya pun harus diawasi oleh dokter karena efeknya yang menimbulkan iritasi kulit.

2. Sisir Khusus Kutu

Selain menggunakan produk khusus, bisa juga menyiasatinya dengan menggunakan sisir kutu. Jenis sisir yang didesain dengan gigi rapat ini dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Agar lebih efektif, sebelum mengaplikasikannya, belah rambut menjadi beberapa bagian. Sisirlah mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lakukan secara merata pada seluruh bagian rambut.

3. Minyak Zaitun

Siapa sangka jika kutu rambut juga bisa diatasi dengan minyak zaitun. Memulaskan minyak zaitun pada kulit kepala mampu membasmi kutu rambut dan telurnya. Cara kerjanya adalah dengan menjadikannya tidak dapat bernapas. Namun, agar hasilnya lebih optimal, tutup rambut yang telah diaplikasikan minyak zaitun menggunakan shower cap selama semalaman. Hal tersebut untuk memastikan kutu rambut dan telurnya benar-benar mati. Hal tersebut dikarenakan kedua hewan tersebut mampu bertahan tanpa bernapas dalam beberapa jam.

4. Hair Dryer

Menurut laman Health, hair dryer dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Bahkan, cara tersebut ampuh menghilangkan sebanyak 98% telur rambut dan 55% kutu rambut jika menggunakan blow dryer dengan panas langsung. Waktu yang pas untuk menerapkannya adalah seusai berkeramas. Namun, perawatan ini tidak dianjurkan untuk rambut yang telah dibubuhi obat khusus rambut karena dapat menimbulkan peradangan pada kulit kepala.

5. Mayonnaise

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami yang bisa dijajal adalah mengoleskan mayonnaise. Pilihlah full-fat mayonnaise yang memiliki kandungan lemak terbanyak. Bahan satu ini akan membuat kutu rambut dan telur kutu sulit untuk bernapas. Diamkan semalaman dan sisirlah menggunakan sisir khusus kutu keesokan paginya untuk meluruhkan kutu dan telurnya yang sudah mati.

6. Cuka

Bahan yang ada di dapur ini sudah dikenal sejak lama dapat membasmi telur kutu. Hal tersebut dikarenakan kandungan asamnya yang memiliki bahan antiseptik. Cara kerjanya adalah merusak eksoskeleton atau cangkang luar dari telur kutu. Namun, jangan menggunakan cuka pada kulit kepala yang meruam agar tidak memperparah kondisinya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Jakarta – Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang ...