Home > Gaya Hidup > Tips > 5 Jenis Buah yang Ampuh Menghilangkan Ketombe

5 Jenis Buah yang Ampuh Menghilangkan Ketombe

Jakarta – Beragam jenis buah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang kaya sehingga dapat mengatasi masalah rambut berketombe.

5 Jenis Buah yang Ampuh Menghilangkan Ketombe

Buah apa sajakah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mengusir ketombe? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

1. Apel yang Belum Matang

Salah satu jenis buah yang dapat mengatasi masalah ketombe adalah apel. Terutama untuk apel yang belum matang. Hal tersebut dikarenakan adanya senyawa procyanidin B-2 yang berperan dalam proses pertumbuhan rambut. Apalagi, ketombe juga dikenal sebagai salah satu penyebab rambut rontok. Bahan tersebut akan menutrisi sel kulit kepala secara optimal, sehingga scalp menjadi lebih bersih dan ternutrisi.

2. Pisang

Buah yang juga biasa dijadikan pengganti nasi saat sarapan ini dapat menghilangkan ketombe. Kandungan vitamin B-nya yang tinggi akan menjadikan kult kepala lebih sehat. Selain itu, zat tersebut juga memperlancar aliran darah di kepala sehingga menjadikan kulit kepala lebih segar dan lembap.

3. Lemon

Tidak hanya memperkuat daya tahan tubuh serta mencerahkan kulit saja, lemon juga diketahui ampuh dalam mengembalikan pH kulit kepala ke angka normal sehingga bakteri penyebab ketombe tidak akan berkembang biak pada kulit kepala.

4. Alpukat

Daging buah yang mengandung omega-3 ini juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Zat tersebut kan melembpakan sel kulit kepala secara optimal. Tidak hanya itu, sel kulit kepala juga akan ternutrisi dengan baik sehingga kondisinya senantiasa sehat. Hasilnya, scalp menjadi lebih segar serta terbebas dari risiko rambut berketombe.

5. Pepaya

Cara mengatasi ketombe lainnya yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan buah pepaya. Vitamin A yang ada pada pepaya menjadikan kulit kepala lebih ternutisi. Sedangkan enzimnya juga ampuh dalam mencegah ketombe datang kembali dengan mengontrol produksi minyak berlebih sehingga kulit kepala akan terhindar dari masalah rambut berketombe dan lepek. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Jakarta – Saat berciuman, kepala kita seringkali refleks miring ke kanan. Mungkin tidak semua orang ...